Breaking News:

Kembangkan Kasus Jual Beli Senjata Rakitan, Polres Dharmasraya Amankan Rusa Betina di Rumah Warga

diamankannya satwa liar ini berdasarkan pengembangan dari pelaku inisial FMR (42) warga  Jorong Koto Agung Kiri, Kenagarian Sungai Duo

Penulis: Rezi Azwar | Editor: afrizal
Polres Dharmasraya
Polres Dharmasraya mengamankan seekor satwa dilindungi jenis rusa jenis sambar di rumah masyarakat di Jorong Pasir Mayang, Kenagarian Bonjol, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (29/9/2021) sekitar pukul 22.00 WIB. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, DHARMASRAYA- Polres Dharmasraya mengamankan seekor satwa dilindungi jenis rusa jenis sambar di rumah warga di Jorong Pasir Mayang, Kenagarian Bonjol, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar).

Rusa ini diamankan oleh Satreskrim Polres Dharmasraya pada Rabu (29/9/2021) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Dharmasraya, Iptu Ferlyanto Pratama Marasin, mengatakan rusa betina ini diamankan dari rumah warga bernama Arlin di Jorong Pasir Mayang, Kenagarian Bonjol, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya.

Baca juga: Polres Dharmasraya Amankan Pelaku Pembuat dan Pembeli Senjata Api Rakitan Jenis Laras Panjang

Baca juga: Polresta Padang Amankan Pria yang Simpan 11 Paket Sabu dan 1 Paket Ganja

"Kita dari Polres Dharmasraya berhasil mengungkap kasus terkait Undang-Undang Negara Republik Indonesia nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," kata Iptu Ferlyanto Pratama Marasin, Jumat (1/10/2021).

Ia menjelaskan, diamankannya satwa liar ini berdasarkan pengembangan dari pelaku inisial FMR (42) warga  Jorong Koto Agung Kiri, Kenagarian Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya.

Selain itu, pihak Polres Dharmasraya juga telah mengamankan pelaku yang membeli senpi rakitan jenis laras panjang dengan inisial PG (25).

"Kita telah mengamankan satwa jenis rusa dan juga berkoordinasi dengan BKSDA Sumbar," kata dia.

Ia menjelaskan, saat ini satwa liar tersebut dititipkan untuk perawatan di PRHSD Kabupaten Dharmasraya di areal Perusahaan PT TKA.

Baca juga: Polresta Padang Amankan Security yang Simpan 9 Paket Sabu di Lubuk Kilangan

"Pasal yang diterapkan kepada pelaku adalah Pasal 21 ayat (2)  huruf b dan d jo pasal 40 ayat (2) Undang Undang No 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistimnya," kata dia.(*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved