Breaking News:

Putra Wapres Ma'ruf Amin Tanam Pohon Pinaga di Samping Pohon yang Ditanam Abahnya di Pariaman

Putra Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Ahmad Syauqi atau yang akrab dipanggil Gus Syauqi tanam Pohon Pinago (Pinaga)

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Saridal Maijar
IST/Diskominfo Pariaman
Putra Wapres Ma'ruf Amin, Gus Syauqi saat menanam pohon di kawasan Pantai Ma'ruf Amin, didampingi Wako Pariaman Genius Umar dan jajaran, Kamis (30/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Putra Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Ahmad Syauqi atau yang akrab dipanggil Gus Syauqi tanam Pohon Pinago (Pinaga) di kawasan Pantai Ma'ruf Amin, yang berada di samping Pantai Kata, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (30/9/2021).

Gus Syauqi menanam pohon tersebut persis di sebelah pohon yang ditanam oleh abahnya yakni Wapres Ma’ruf Amin.

"Alhamdulillah, saya juga berkesempatan menanam pohon di samping pohon abah saya di kawasan Pantai Ma’ruf Amin ini, yang menjadi kebanggan tersendiri bagi saya selaku anak beliau," ucap Gus Syauqi.

Baca juga: Nama Ayahnya jadi Nama Pantai, Anak Wapres Maruf Amin akan Ciptakan Lagu untuk Kota Pariaman

Ia mengaku sangat bangga, karena Kota Pariaman telah memberikan sebuah nama kawasan pantainya dengan nama abah.

Selain itu, Gus Syauqi sapaan akrab Ahmad Syauqi Ma’ruf amin ini mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan pertama nya ke Sumatera Barat dan khusus hanya ke Kota Pariaman saja, karena ia telah jatuh hati dan kecintaanya dengan kota ini.

"Semoga hubungan baik ini dapat terus kita jaga, karena dengan Kota Pariaman saking cintanya dengan abah, sampai menamai pantainya dengan nama abah," ujar dia.

"Begitupun sebaliknya, kami akan juga cinta dengan Kota Pariaman, karena untuk membangun daerah, harus kita lakukan secara bersama," pungkas Gus Syauqi.

Baca juga: Pedagang Pasar Rakyat Pariaman dan Wapres Maruf Amin Berdialog, Zulkifli: Saya Sempat Gugup Ditanyai

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa penanaman pohon di sepanjang pantai Kota Pariaman ini punya banyak kebermanfaatan.

Kata Genius, selain sebagai pohon peneduh, pohon yang ditanam juga sebagai upaya mitigasi bencana, seperti yang sudah dilakukan pihaknya selama ini.

"Keberadaan pohon ketapang yang ditanam oleh RI 2 dan pohon pinago yang ditanam oleh sang anak, Gus Syauqi ini menjadi sangat penting," ucap Genius.

Baca juga: Banjir Landa Daerah Bukik Pagang Padang Pariaman, Wali Korong: TK dan Paud Rusak Parah

Lebih lanjut dikatakannya, selain sebagai peneduh, kelak pohon jenis pesisir pantai ini akan mampu menjadi benteng alami yang dapat mereduksi potensi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami.

Genius Umar juga menjelaskan, dalam memitigasi adanya bencana seperti gempa dan tsunami, tidak bisa hanya mengandalkan instrumen infrastruktur buatan manusia saja, tetapi harus diimbangi juga dengan kombinasi alam.

"Kawasan penanaman pohon oleh Wakil Presiden dan anaknya ini, nantinya akan kita kemas menjadi kawasan yang tertata baik, sebagai bagian pembangunan infrastruktur dengan tetap memperhatikan ekosistem yang ada, sehingga tujuan kita untuk wisata yang ramah lingkungan dan menarik, dapat kita wujudkan," pungkas Genius. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved