Breaking News:

Berita Pemko Pariaman

Penataan Kawasan Sungai dan Irigasi Kota Pariaman, Wali Kota Genius Umar: Kolaborasi dan Dukungan

Wali Kota Pariaman, Genius Umar menggandeng Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR), melalui direktorat jenderal sumber daya air (Ditje

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.DISKOMINFO PARIAMAN
Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama pihak Ditjen SDA, serta Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang. 

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN- Wali Kota Pariaman, Genius Umar menggandeng Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR), melalui direktorat jenderal sumber daya air (Ditjen SDA), Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang, untuk menata kawasan sungai dan irigrasi.

“Kota Pariaman mempunyai program Water Front City (WFC), dimana kita menata kawasan sepanjang pantai, sungai dan saluran irigasi yang ada," ujar Genius Umar, Kamis (30/9/2021).

Hal tersebut dilakukan, kata Genius Umar agar kawasan yang ada mempunyai nilai dengan konsep pembangunan yang berwawasan pariwisata, sehingga mempunyai multiflier effect kepada masyarakat dan Kota Pariaman.

Genius umar menuturkan bahwa masa pandemi Covid-19 saat ini, anggaran pemerintah daerah jauh berkurang, sehingga mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat melalui kementerian yang ada.

Baca juga: Menikmati Destinasi Wisata Talao Pauh Water Front City, Telaga di Tepi Pantai Pariaman

"Saat ini kita sedang menyusun master plan WFC tahap 2, dimana ada beberapa desa yang akan kita gagas untuk pembangunan WFC tahap 2 ini, mulai dari Desa Taluak, Desa Marunggi, dan lanjut di Batang Piaman,” ujar Genius.

Ia melanjutkan bahwa dengan kolaborasi dan dukungan dari pemerintah pusat, sehingganya dapat membangun Kota Pariaman menjadi lebih baik lagi.

Adapun beberapa bantuan yang menggunakan dana pusat kata Genius ialah Pasar Rakyat Pariaman, Talao Pauh, WFC tahap I Batang Piaman, dan irigasi Batang Anai II.

"Semoga WFC tahap 2 ini juga dapat diakomodir oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen SDA, BWS Sumatera V Padang ini," imbuh Genius Umar.

Genius Umar juga mengajak rombongan  meninjau lokasi saluran irigasi Batang Anai II yang melalui Desa Marabau dan Desa Toboh Palabah, Kecamatan Pariaman Selatan.

“Kami juga meminta agar irigasi Batang Anai II yang ada di Kota Pariaman ini dapat segera diserahterimakan, dan nantinya kita juga akan berdayakan untuk kegiatan lainnya, seperti bersepeda melawati jalan setapak yang dilalui di kiri kanan saluran irigasi ini," pungkas Genius.(TribunPadang.com/Wahyu Bahar)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved