Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

Soal TPU Makin Sempit, Kadis DLH Kota Padang: Pihak Keluarga Keberatan, Dimakamkan di TPU Bungus

Kepala Dinas Lingkungan Kota Padang Mairizon mengungkapkan pihaknya sedang membuat kajian untuk membangun tempat pemaka

Penulis: Rima Kurniati | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang Mairizon, Rabu (22/9/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kepala Dinas Lingkungan Kota Padang Mairizon mengungkapkan pihaknya sedang membuat kajian untuk membangun tempat pemakaman umum (TPU) yang baru.

Hal ini mengingat kondisi TPU Tunggul Hitam dan TPU Air Dingin tidak lagi memungkinkan untuk dijadikan makam baru, lantaran sudah penuh terisi.

"Saya sedang menghitung apa memang perlu Padang ini makam baru, karena kondisinya TPU Air Dingin yang kondisinya tidak memungkinkan. Selain itu, TPU Tunggul Hitam juga sudah penuh, hanya bisa tumpang sari," kata Mairizon, Rabu (22/9/2021).

Sementara TPU Bungus Teluk Kabung yang lokasi terbilang jauh dari perumahan penduduk, membuat masyarakat enggan memakamkan keluarga mereka di sana.

"Masyarakat yang tinggal di Padang Utara, Padang Barat, Lubuk Begalung, Pauh dan Kuranji keberatan memakamkan keluarganya dimakamkan di TPU Bungus," ungkap Mairizon.

Menurutnya, lokasi yang disiapkan untuk cadangan TPU di Air Dingin dan Bypass juga tidak bisa lagi digunakan, sebab seiring berjalan waktu lahan itu tidak lagi memenuhi syarat penataan ruang.

Mairizon mengatakan, terdapat lahan berukur 1,8 hektar/Ha di Kecamatan Lubuk Kilangan yang ditawarkan sebagai lokasi TPU baru.

"Sekarang kita menyiapkan kajian dan pernyataan bahwa DLH membutuhkan lahan baru dan menyerahkan kembali lahan pemakaman cadangan. Namun kajian belum selesai," ungkapnya.

Mairizon mengaku, penuhnya lokasi pemakaman umum untuk sementara bisa teratasi dengan banyaknya makam miliki penduduk lokal 

Meskipun begitu, banyak penduduk pendatang, yang mengeluhkan sebab tidak punya makam kaum dan harus memakamkan keluarga mereka ke kampung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved