Breaking News:

Tumbuhan Apa Saja yang Cocok Tumbuh dengan Kondisi dan Karakteristik Alam di Sekitarmu?

Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di dengan kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi).

Editor: Saridal Maijar
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi: Taman yang terdiri dari tumbuhan pelindung 

TRIBUNPADANG.COM - Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di dengan kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi). 

Pertanyaan tersebut merupakan soal Buku Tema 3 Kelas 4 SD/MI halaman 32, Pembelajaran 5 Subtema 1 yang berjudul Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.

Subtema 1 ini merupakan bagian dari Buku Tema 3 berjudul Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Berikut pertanyaan dan kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 halaman 32:

Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.

Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi). Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut?

Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber). Tulis hasil temuanmu pada kolom berikut.

Jawaban:

Sinar matahari dan suhu udara sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Tanahnya subur dan banyak mengandung bahan organik. Keadaan tanah sangat dipengaruhi oleh unsur-unsur iklim, yaitu hujan, suhu dan kelembaban. Suhu udara dan tanah mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Tanaman tropis misalnya coklat memerlukan suhu tinggi sepanjang tahun.

Air adalah faktor yang lebih penting dalam produksi tanaman pangan dibandingakan dengan faktor lingkungan lainnya. Tanaman pangan memperoleh persediaan air dari akar, itu sebabnya pemeliharaan kelembaban tanah merupakan faktor yang penting dalam pertanian.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved