Breaking News:

Pusat Bahasa Unand Bahas Peran Bahasa Indonesia di Mancanegara

UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas (Unand) akan mengadakan studi pelacakan jejak (tracer study) alumni Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur As

Editor: Saridal Maijar
Istimewa
Ilustrasi - Aktivitas dalam gedung UPT Pusat Bahasa Unand. 

TRIBUNPADANG.COM - UPT Pusat Bahasa Universitas Andalas (Unand) akan mengadakan studi pelacakan jejak (tracer study) alumni Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Sabtu (18/9/2021) pukul 19.00-21.00 WIB melalui aplikasi Zoom.

Sesuai dengan topik acara itu, yakni "Kata Mereka tentang Peran Bahasa Indonesia di Mancanegara", alumni BIPA Unand akan menceritakan peran bahasa Indonesia di negara mereka.

Ketua Panitia Webinar UPT Pusat Bahasa Unand, Sulastri, mengatakan bahwa alumni BIPA Unand yang menjadi pembicara dalam kegiatan itu berasal dari Hongkong, Rumania, Thailand, dan Mesir.

Baca juga: VIRAL Cewek Joget TikTok Tampak Pusar di Kawasan Masjid Raya Sumbar, Pengurus: Itu Tercela

Pembicara lainnya ialah Kepala UPT Pusat Bahasa Unand, Sawirman, yang menjadi pengajar BIPA di Polandia dalam program SAME BIPA Dikti.

Melalui program pelacakan studi alumni, pihaknya akan bertanya langsung kepada alumni BIPA Unand dan mendengar tentang manfaat kemampuan mereka berbahasa Indonesia di negara mereka masing-masing.

Misalnya, alumni BIPA di Mesir, Asmaa Sayed Abdelghany, pernah diminta bantuan sebagai penerjemah tenaga kerja wanita asal Indonesia yang bermasalah dengan hukum di negara piramid tersebut.

"Tujuan tracer study ialah mengiklankan kita di negara mereka. Apa yang kita lakukan dulu dengan mengajari mereka sekarang kita petik buahnya."

"Kita mencoba bagaimana alumni BIPA mengiklankan Unand, bahasa Indonesia, dan pariwisata Sumatera Barat. Mereka semacam duta dan atase yang mengiklankan kita di negara mereka secara gratis," ujar Sulastri pada Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Sopir di Padang Ditangkap Polresta Padang, Satu Kantong Plastik Berisi Ganja Diamankan

Mengenai jumlah alumni BIPA Unand, Sulastri mengatakan bahwa pihaknya sedang menghitung hal itu dan masih menelusuri alumni melalui kegiatan survei alumni.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved