Breaking News:

Corona Sumbar

Vaksin Tersedia, Gubernur Sumbar Minta Bupati Wali Kota Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Daerah

imbauan tersebut menindaklanjuti keinginan Presiden RI Joko Widodo agar 9 daerah termasuk Sumbar mengakselerasi capaian vaksinasinya. 

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: afrizal
tribunPadang.com/RimaKurniati
Suasana vaksinasi di Kecamatan Lubuk Begalung Padang yang berlangsung hingga Jumat (6/8/2021) 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengimbau bupati wali kota agar lebih menggencarkan program vaksinasi Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Imbauan tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (9/9/2021).

Menurut Jasman, imbauan tersebut menindaklanjuti keinginan Presiden RI Joko Widodo agar 9 daerah termasuk Sumbar mengakselerasi capaian vaksinasinya. 

Baca juga: UPDATE Corona Sumbar 8 September 2021: Tambah 132 Kasus, Total 87.802 Warga Terinfeksi

Mengingat capaian vaksinasi ke-9 daerah tersebut masih rendah, dibawah rata-rata vaksinasi nasional.

Berdasarkan data terkini vaksinasi Covid-19 Sumbar per 7 September 2021, total vaksinasi dosis pertama di Sumbar mencapai 17,56 persen atau baru 777.780 dari total sasaran vaksinasi 4.408.509 sasaran. Sedangkan untuk vaksinasi kedua, baru mencapai 9,80 persen.

"Gubernur berharap agar penekanannya pada vaksinasi, sebab untuk jumlah stok vaksin Covid-19 di Sumbar sangat cukup," kata Jasman.

Ia menyebutkan, hampir setiap hari vaksin datang dari Jakarta. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Sumbar, per 7 September 2021, total stok vaksin Covid-19 yang ada di Gudang Vaksin Dinas Kesehatan Sumbar mencapai 198.588 dosis.

Stok vaksin tersebut terdiri atas vaksin Sinovac 41.900 dosis, Astrazeneca 2.550 dosis, Moderna 8.568 dosis dan Coronavac 145.570 dosis. 

Baca juga: Peta Zonasi Covid-19 di Kota Pariaman, 51 Desa/Kelurahan Zona Hijau dan 20 Zona Kuning

Selain stok tersebut, juga terdapat 1.705.712 dosis stok vaksin yang telah didistribusikan di Kabupaten dan kota.

Menurut Jasman, minat vaksin masyarakat Sumbar sangat tinggi. 

Hal itu terbukti dari hampir setiap lokasi vaksinasi selalu ramai warga yang antusias ingin divaksin. 

Tidak hanya di fasilitas kesehatan pemerintah saja yang melakulan vaksinasi, institusi dan lembaga swasta pun tidak sedikit yang menggelar vaksinasi. 

"Stok vaksin kita juga ternyata cukup. Hanya strategi vaksin kita saja yang kurang tepat dan sesuai arahan Gubernur Sumbar, kiranya kabupaten kota agar segera mengebut pencapaian vaksinasi di daerah masing-masing," ungkap Jasman.

Jasman juga menambahkan untuk mempertegas imbauan peningkatan vaksinasi di daerah, dalam waktu dekat Gubernur secara resmi akan menerbitkan surat edaran tentang akselerasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sumbar. (*)
 

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved