Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

BPBD Kota Padang Survei Penyebab Banjir, Terungkap Penyumbatan Arus Sungai dan Berbelok ke Pemukiman

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang melakukan survei penyisiran dampak dari banjir yang terjadi di Kota Padang, Sumatera Ba

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
Istimewa/Dok BPBD Kota Padang
Terlihat Petugas BPBD Kota Padang saat melakukan survei penyisiran dampak dari banjir yang terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (1/9/2021). 

TRIBUNPADANG.COM - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang melakukan survei penyisiran dampak dari banjir yang terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan ini merupakan buntut dari adanya banjir yang merendam kawasan Kecamatan Koto Tangah pada Rabu (18/8/2021) yang lalu.

"Kami telah melakukan survei penelusuran untuk mencari penyebab banjir di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra, Rabu (1/6/2021).

Setelah dilakukan survei, pihaknya mendapatkan keterangan dari salah warga bahwa adanya bendungan yang jebol.

Kata dia, bendungan yang jebol tersebut adalah bendungan irigasi Kasang II Siakyan, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumbar.

"Berdasarkam keterangan warga, bendungan ini sudah jebol semenjak 2016 yang lalu. Ya, itu juga akibat banjir," kata dia.

Ia mengatakan, jebolnya bendungan tesebut meninggal material berupa beton yang menghambat arus air sungai saat terjadinya hujan dengan intensitas tinggi.

Akibatnya, kata dia, terjadi penyumbatan arus sungai dan air sungai pun berbelok ke pemukiman masyarakat.

"Itulah salah satu penyebab banjir di Kecamatan Koto Tangah. Masyarakat meminta sisa material dari bendungan itu diangkat atau dipindahkan untuk penanganan sementara," katanya.

Pihaknya, akan berkoordinasi dengan pihak terkait soal permohonan masyarakat tersebut untuk memindahkan material bendungan.

Baca juga: Update PascaBanjir di Padang, Masyarakat Aksi Bersih-bersih Rumah, Warga Gunakan Sumber Sumur Bor

Terlihat Petugas BPBD Kota Padang saat melakukan survei penyisiran dampak dari banjir yang terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (1/9/2021).
Terlihat Petugas BPBD Kota Padang saat melakukan survei penyisiran dampak dari banjir yang terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (1/9/2021). (Istimewa/Dok BPBD Kota Padang)

Baca juga: 20 Pipa PDAM Padang Putus akibat Banjir Lalu, Perbaikan Masih Berlangsung, Harap Warga Sabar

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved