Breaking News:

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Naskah di Atas? Diskusikanlah dengan Temanmu! 

Apa yang kamu ketahui tentang naskah di atas? Diskusikanlah dengan temanmu!  Teks proklamasi ini dirumuskan oleh 3 bapak bangsa yakni Soekarno, Hatta

Editor: Mona Triana
Shutterstock
ilustrasi belajar di rumah 

TRIBUNPADANG.COM - Apa yang kamu ketahui tentang naskah di atas? Diskusikanlah dengan temanmu! 

Peryataan di atas merupakan soal Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 100.

Berikut ini telah tersedia kunci jawaban Buku Tematik yang ditujukan bagi orang tua sebagai panduan dalam mengawasi anak belajar di rumah.

Bagi para siswa diharapkan dapat mencari jawaban sendiri.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 100, 101, 102, 105, 106, 107, Pembelajaran 1 Subtema 3

Baca juga: Apa Ciri-ciri Karya Gambar Cerita?, Tema 2 Kelas 5 Halaman 99

Baca juga: Apa Pendapatmu Tentang Sikap Penduduk? Jawaban Buku Tema 1 Kelas 6 Halaman 75

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 100

Amatilah tulisan berikut!

Apa yang kamu ketahui tentang naskah di atas? Diskusikanlah dengan temanmu! 

Teks proklamasi ini dirumuskan oleh 3 bapak bangsa yakni Soekarno, Hatta dan Mr. Soebardjo. Naskah yang memuat isi dari teks proklamasi ditulis oleh Ir. Seokarno kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Isi teks proklamasi hanya memuat beberapa baris kalimat saja yang dibagi menjadi dua paragraf. Paragraf pertama memuat pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sementara paragraf kedua memuat mengenai pemindahan kekuasaan.

Bacalah teks berikut dalam hati!

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Baca selengkapnya di sini

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved