Breaking News:

Bagaimana Cara Hyena Mempertahankan Diri dan Wilayahnya?

Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya? Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan meng

Editor: Mona Triana
Shutterstock
ilustrasi belajar di rumah 

TRIBUNPADANG.COM - Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?

Pernyataan di atas merupakan soal Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 70 dan 71.

Berikut ini telah tersedia kunci jawaban Buku Tematik yang ditujukan bagi orang tua sebagai panduan dalam mengawasi anak belajar di rumah.

Bagi para siswa diharapkan dapat mencari jawaban sendiri.

Baca juga: Bagaimana Kamu Dapat Menerapkan Sikap-sikap Tersebut Dalam Kehidupanmu Sehari-hari?

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 66, 67, 68, 70, 71 dan 73 Buku Tematik Pembelajaran 3 Subtema 2

Baca juga: Tuliskan Contoh-contoh Sikap Tidak Menghargai Keberagaman, Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4

Ayo Membaca

Ayo, kita baca berita dari surat kabar berikut dalam hati!

Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia

Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’

Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph (09/09). Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved