Breaking News:

Berita Pasaman Barat Hari Ini

BKSDA Lepasliarkan Harimau Sumatera di Pasaman Barat, Jalani Serangkaian Pemeriksaan Kesehatan

KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) melalui BKSDA Sumatera Barat melepasliarkan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Landsca

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
Istimewa/Dok.BKSDA Sumbar - Ardi Andono)
Harimau Sumatera saat dilepasliarkan di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumbar pada Jumat (30/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - KLHK melalui BKSDA Sumatera Barat melepasliarkan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Landscape Panti Batang Gadis kawasan Hutan Lindung Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (38/7/2021).

Harimau sumatera ini bernama Sipogu dan berjenis kelamin betina yang merupakan satwa yang diselamatkan di Perkebunan PT PMS oleh BKSDA Sumbar, pada tanggal 19 Juli 2021.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Ardi Andono, mengatakan sebelumnya harimau ini diselamatkan dengan menggunakan kandang jebak atau boxtrap yang dipasang di perkebunan PT PMS.

"Selanjutnya Harimau Sumatera tersebut dievakuasi dan diobservasi ke Lembaga Konservasi Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi," kata Ardi Andono.

Ardi Andono mengatakan, di TMSBK satwa mendapatkan perawatan dan pemeriksaan secara medis dan perilaku sebelum dilepasliarkan ke habitat alamnya.

Baca juga: BKSDA Sumbar Evakuasi Seekor Buaya Muara Dengan Panjang 210 Cm di Pasaman Barat

Harimau Sumatera saat dilepasliarkan di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumbar pada Jumat (30/7/2021).
Harimau Sumatera saat dilepasliarkan di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumbar pada Jumat (30/7/2021). (Istimewa/Dok.BKSDA Sumbar - Ardi Andono))

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, tim medis TMSBK menyatakan bahwa satwa dalam kondisi sehat dengan sifat liar yang masih terjaga sehingga direkomendasikan untuk dilakukan pelepasliaran ke habitat alamnya.

"Untuk lokasi pelepasliarannya, telah dilakukan kajian calon lokasinya bersama Yayasan Sintas Indonesia dengan tahapan, Rapid assessment lokasi pelepasliaran, kegiatan ground check untuk melihat ketersediaan pakan, ancaman dan gangguan, serta menentukan jalan rintis," katanya.

Setelah dilakukan kajian, pihaknya menyatakan bahwa landscape Panti Batang Gadis Kawasan Hutan Lindung Pasaman Barat memenuhi kriteria sebagai lokasi pelepasliaran Harimau Sumatera.

 
 

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved