Breaking News:

Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 24: Kapan Teks Proklamasi Indonesia Disusun?

Kapan teks proklamasi Indonesia disusun? Teks proklamasi disusun sehari sebelum proklamasi Kemerdekaan yaitu pada tanggal 16 Agustus 1945

Editor: Mona Triana
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ENDRO
Ilustrasi Belajar dari Rumah 

TRIBUNPADANG.COM - Kapan teks proklamasi Indonesia disusun?

Pernyataan di atas merupakan soal Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 24.

Berikut ini telah tersedia kunci jawaban yang ditujukan bagi orang tua sebagai panduan dalam mengawasi anak belajar di rumah.

Bagi para siswa diharapkan dapat mencari jawaban sendiri.

Baca juga: Nama Tulang Lengan dan Fungsi Tiap Bagiannya, Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 68

Baca juga: Kembangkan Ide-ide Pokok Berikut Menjadi Sebuah Paragraf, Bersepeda Adalah Kegiatan Kesukaanku

Baca juga: Kembangkan Ide-ide Pokok Berikut Menjadi Sebuah Paragraf, Bersepeda Adalah Kegiatan Kesukaanku

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dalam hati!

Proklamasi Kemerdekaan

Indonesia Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memberi makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sejak teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan, rakyat Indonesia memiliki negara merdeka, berdaulat, dan bermartabat. Tonggak sejarah tersebut tidak akan terjadi apabila tidak ada anak bangsa yang berani memproklamirkan kemerdekaan. Mereka adalah pejuang bangsa yang tidak boleh dilupakan.

Berikut adalah para pejuang bangsa yang telah berjasa terhadap kemerdekaan negara Indonesia.

1.       Ir. Soekarno merupakan salah satu orang yang berjasa dalam mendirikan negara Republik Indonesia sebagai negara berdaulat. Bung Karno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Bung Karno menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo. Ia kemudian menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Hatta. Bung Karno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kediamannya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

2.      Drs. H. Mohammad Hatta atau Bung Hatta, lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902. Beliau wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada usia 77 tahun. Bung Hatta menyusun konsep teks proklamasi bersama Bung Karno dan Mr. Achmad Soebardjo. Ia ikut menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Karno. Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden pertama Indonesia. Selain itu, beliau adalah Bapak Koperasi Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved