Bersepeda Adalah Kegiatan Kesukaanku, Kembangkan Ide-ide Pokok Menjadi Sebuah Paragraf

Mengembangkan ide pokok dari sebuah bacaan menjadi sebuah paragraf adalah tugas yang diberikan dalam buku tema 1 kelas 1 halaman 61-62

Editor: afrizal
Tangkapangambar/Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Bersepeda Adalah Kegiatan Kesukaanku, Kembangkan Ide-ide Pokok Menjadi Sebuah Paragraf, Tema 1 kelas 5 halaman 61 

TRIBUNPADANG.COM - Mengembangkan ide pokok dari sebuah bacaan menjadi sebuah paragraf adalah tugas yang diberikan dalam buku tema 1 kelas 5 halaman 61-62

Ada beberapa ide pokok yang harus dikembangkan menjadi sebuah paragraf.

Apa saja ide-ide pokoknya dan bagaimana mengembangkannya menjadi sebuah paragraf?

Baca juga: Kondisi Geografis Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 35

Simak kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 61-62 berikut ini.

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Pertama

Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Aku menyukainya karena dengan bersepeda aku bisa pergi kemanapun aku suka. Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Aku juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa bersepeda dengan riang dan gembira.

Kedua

Aku bersepeda pada sore hari. Aku dan teman-temanku rutin bersepeda di sore hari. Karena sore hari terik matahari sudah tidak terlalu panas. Sehingga akan sangat bagus sebagai menjadi pilihan waktu untuk melakukan olahraga seperti bersepeda.

Ketiga

Aku bersepeda berkeliling desa. Perjalanan yang kulalui dengan bersepeda berkeliling desa membuatku dapat mengenal banyak orang dan teman-teman baru. Selain itu, aku juga bisa menikmati keindahan desaku dengan bersepeda di sore hari.

Keempat

Aku bersepeda bersama teman-temanku. Beni, Lani dan aku selalu bersepeda bersama. Waktu itu kami bersepeda menuju lapangan, disana kami bertemu dengan teman-teman yang lain. Ada yang melakukan balap sepeda dan ada juga yang melakukan atraksi dengan sepedanya.

Kelima

Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan. Diantara manfaat yang kurasakan adalah tubuhku terasa sehat dan bugar. Hal itu karena dengan bersepeda maka otot-otot bagian kaki dan paha akan semakin kuat. Bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.

AYO RENUNGKAN
Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik/bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat badan kita lebih sehat. Mengapa demikian ? Adakah kaitannya dengan organ gerak manusia ?

Pembahasan : Berkegiatan atau beraktivitas dalam keseharian akan membuat badan kita lebih sehat karena dengan bergerak yang teratur, maka sistem gerak kita akan berfungsi sepenuhnya. Nah, jika di tanya bahwa adalah kaitannya dengan organ gerak manusia ? Yah jelas ada, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap gerak aktivitas manusia dapat terjadi karena andil dari organ gerak yang melaksanakan fungsinya sesuai perintah dari otak kita. Jadi, dengan demikian telah kita ketahui bersama bahwa memang jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat maka hendaknya kita melakukan aktifitas fisik/bergerak dengan teratur.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved