Breaking News:

Temukan Tiga Benda yang Memiliki Sudut yang Sama, Gambarlah Sudutnya!

Temukan tiga benda yang memiliki sudut yang sama. Gambarlah sudutnya! Pertanyaan dan kunci jawaban Tema 1 Kelas 4  halaman 94:

Editor: Saridal Maijar
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Temukan Tiga Benda yang Memiliki Sudut yang Sama, Gambarlah Sudutnya! 

TRIBUNPADANG.COM - Temukan tiga benda yang memiliki sudut yang sama. Gambarlah sudutnya!

Pertanyaan tersebut merupakan soal Buku Tema 1 Kelas 4 SD/MI halaman 94, Pembelajaran 2 Subtema 2 yang berjudul Kebersamaan dalam Keberagaman.

Subtema 2 ini merupakan bagian dari Buku Tema 1 berjudul Indahnya Kebersamaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Berikut pertanyaan dan kunci jawaban Tema 1 Kelas 4  halaman 94:

Temukan tiga benda yang memiliki sudut yang sama. Gambarlah sudutnya!

Jawaban:

Klik Jawaban Lengkapnya di SINI

Ayo Mengamati

Keragaman budaya Indonesia juga terlihat dalam rumah adat. Rumah adat mencerminkan ciri khas suatu tempat. Mari amati rumah adat berikut.

Diskusikan hasil jawabanmu dengan teman! Temukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada kedua rumah adat tadi dengan cara melingkari dan memberi nama tiap sudutnya!

Jenis-Jenis Sudut

1. Sudut Siku-Siku Suatu sudut disebut sudut siku-siku jika kaki-kaki sudutnya tegak lurus, yaitu ukurannya adalah 90 derajat.

2. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jika ukuran sudutnya lebih kecil dari sudut siku-siku, yaitu antara 0 dan 90 derajat (0o < sudut lancip < 90o ). Sudut-sudut berikut adalah sudut lancip.

3. Sudut Tumpul
Suatu sudut disebut sudut tumpul jika ukuran sudutnya lebih besar dari sudut siku-siku, yaitu antara 90 dan 180 derajat (90o < sudut tumpul <180o). Sudut-sudut berikut adalah sudut tumpul.

Bagaimana kita mengetahui besar sudut? Ayo kita mempelajarinya!

Menggunakan Busur

Alat yang digunakan untuk mengukur sudut secara baku adalah busur. Sudut dilambangkan dengan “∠ “. Satuan sudut adalah derajat. Untuk mengukur sudut secara lebih akurat, mulai sekarang kamu dapat menggunakan busur derajat seperti gambar berikut.

∠ AOB besarnya 45°

Jawaban:
Besar sudut BOC adalah 45°
Besar sudut COD adalah 45°
Besar sudut DOE adalah 45°

Berapakah besar setiap sudut berikut?

Jawaban:

Untuk mengukur sudut ABC, tempatkan busur di atas gambar sudut sehingga titik pusat busur terletak di titik sudut B; dan alas busur berimpit dengan sisi BA. Perhatikan gambar berikut.

Kita menggunakan skala bagian dalam untuk menentukan ukuran sudut ABC. Kita lihat bahwa sudut tersebut berukuran 60º. Kita tuliskan besar sudut ini sebagai berikut: ∠ABC = 60o

Lihatlah benda-benda di sekitarmu!

(TribunPadang.com)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved