Breaking News:

Sumatera Barat Masuk 5 Provinsi Di Luar Jawa-Bali, Tercatat Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi

Kasus positif Covid-19 di luar Pulau Jawa dan Bali dalam beberapa waktu terakhir terus mengalami kenaikan.

Editor: Emil Mahmud
TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Ilustrasi: Pasien Covid-19 di Indonesia 

TRIBUNPADANG.COM - Kasus positif Covid-19 di luar Pulau Jawa dan Bali dalam beberapa waktu terakhir terus mengalami kenaikan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, terdapat 5 Provinsi di luar pulau Jawa dan Bali yang memiliki jumlah kasus aktif tertinggi.

Provinsi tersebut yakni Papua (9.316 kasus), Kalimantan Timur (5.640 kasus), Kalimantan Tengah (5.640 kasus), Kepulauan Riau (5.244 kasus), dan Sumatera Barat (4.156).

“Beberapa daerah di luar Jawa Bali yang tinggi adalah Papua, Kaltim, Kalteng, Riau dan Sumbar," ujar Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (7/7/2021).

Airlangga melanjutkan, perkembangan jumlah kasus aktif Covid-19 di luar Jawa-Bali berdasarkan data per 5 Juli 2021 sebanyak 67.891 kasus aktif.

Dengan tingginya kasus tersebut, Pemerintah resmi memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di daerah luar Jawa dan Bali. 

Tercatat ada 43 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang sedianya akan menjalani kebijakan tersebut.

"Pemerintah telah menegaskan tanggal 6 sampai tanggal 20 Juli 2021 dilakukan pengetatan, dalam pengetatan itu dengan asesmen yang ketat, asesmen tingkat 4, telah ditetapkan 43 kabupaten/kota dilakukan pengetatan," ucap Airlangga.

Baca juga: MUI Sumbar Tidak Setuju Kegiatan Keagamaan Ditiadakan Selama PPKM Mikro di 4 Daerah Sumbar

Baca juga: UPDATE Corona Sumbar Rabu 7 Juli 2021 Pagi, Sudah 53.511 Warga Terinfeksi Covid-19, Ini Sebarannya

Karenanya, Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), meminta kepala daerah di 43 kabupaten/kota tersebut memberlakukan pengetatan PPKM Mikro secara ketat dan disiplin. 

Selain itu, kata Airlangga, Pemerintah daerah juga diminta meningkatkan testing dan tracing-nya.

"Kami minta kepada para gubernur dan juga bupati, wali kota untuk menjalankan PPKM Mikro secara ketat, dan secara disiplin," pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ini 5 Provinsi Di Luar Jawa-Bali Yang Memiliki Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved