Breaking News:

Berita Semen Padang

Psikolog Beri Saran Klub dan Pemain, yang Terdampak Akibat Jadwal Liga di Indonesia Ditunda

Sampai saat ini, relatif banyak pemain sudah mulai mengemukakan bahwa akibat diundurnya Liga membuat trauma dalam diri mereka.

Penulis: Panji Rahmat | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/RAHMAT PANJI
Tim Semen Padang FC menggelar latihan di lapangan Indarung, Jumat (18/9/2021) pagi. 

Laporan Wartwan TribunPadang.com, Rahmat Panji

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sampai saat ini, relatif banyak pemain sudah mulai mengemukakan bahwa akibat diundurnya Liga membuat trauma dalam diri mereka.

Hal ini terjadi disebabkan oleh kejadian yang sama sudah berulang kali terjadi menyusul jadwal kompetisi serta  kondisi saat ini juga sama dengan musim lalu.

Tercatat selama Tahun 2020 sudah 4 kali PSSI dan PT LIB melakukan penundaan kompetisi, sedangkan untuk tahun ini, pengumuman kemarin adalah kali pertama Liga ditunda.

Kejadian berualng ini membuat motivasi para pemain semakin hari terus menurun, terlebih pada tahun ini hanya selang 2 pekan dari keputusan awal Liga kembali diundur.

Beberapa pemain Semen padang FC (SPFC) mengaku tertekan secara psikologis akibat tidak adanya kejelasan kompetisi.

Psikologi, yang juga Dosen Jurusan Psikologi Universitas negeri Padang (UNP) Free Dirga memberikan pandangannya secara keilmuan terhadap kondisi yang dialami pemain.

Ia membenarkan kejadian berulang seperti ini tentu membuat semacam traumatic pada pemain yang sudah melakukan latihan.

“Para pelaku olahraga melakukan latihan dengan sebuah tujuan, jadi jika tujuannya tidak jelas maka semangat berlatih juga akan menurun,” papar Frre Dirga.

Free membeberkan bahwa melalui kompetisi para pemain professional menjadikan itu sebagai sebuah batu loncatan mereka baik untuk menuju klub besar maupun membela Tim Nasional.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved