Berita Padang Pariaman Hari Ini

BPBD Padang Pariaman dan Poltekkes Kemenkes Padang Jalin Kerja Sama, Tridharma Perguruan Tinggi

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman menandatangani kerjasama dengan Politeknik Kesehatan Kementerian Ke

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Kalaksa BPBD Padang Pariaman Budi Mulya saat penandatangan kerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Padang, di Hall Ruang Rapat BPBD Padang Pariaman. Kamis (1/7/2021) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PARIAMAN - Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman menandatangani kerjasama dengan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Padang, tentang Tridharma Perguruan Tinggi.

Pertemuan dilaksanakan di Hall Ruang Rapat BPBD Padang Pariaman, pada Kamis (1/7/2021) hari ini.

Kerjasama tersebut nantinya akan dikembangkan dalam lingkung kebencanaan di wilayah Kabupaten Padang Pariaman seperti bidang pendidikan, bidang penelitian/ pengembangan dan bidang pengabdian masyarakat.

Kepala Pelaksana BPBD (Kalaksa) Padang Pariaman Budi Mulya mengatakan bahwa bencana adalah urusan bersama.

"Dengan adanya kerjasama ini adalah untuk menyatukan keterlibatan seluruh unsur penthahelix bencana, seperti unsur Pemerintah, Dunia usaha, masyarakat, insan pers dan akademisi," ujar Budi Mulya.

Lebih lanjut, kata Budi sebelumnya BPBD Padang Pariaman telah melaksanakan kerjasama dengan beberapa Perguruan tinggi di wilayah Sumbar, seperti Universitas Taman Siswa, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Andalas.

Baca juga: Syarat Pendaftaran Kelengkapan Beasiswa Unggulan 2021, Siapkan Essay Menggunakan Bahasa Indonesia

Kalaksa BPBD Padang Pariaman Budi Mulya saat penandatangan kerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Padang, di Hall Ruang Rapat BPBD Padang Pariaman. Kamis (1/7/2021)
Kalaksa BPBD Padang Pariaman Budi Mulya saat penandatangan kerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Padang, di Hall Ruang Rapat BPBD Padang Pariaman. Kamis (1/7/2021) (ISTIMEWA)

Baca juga: Antisipasi Bencana La Nina, BPBD Padang Parade Peralatan Kebencanaan

"Implementasi kerjasama ini berupa pelaksanaan kegiatan pendidikan manajemen bencana, praktek kerja lapangan, penelitian, inovasi penanggulangan bencana dan sosialisasi serta edukasi kebencanaan," tambah Budi.

Selain itu kata dia, Poltekes Kemenkes Padang dan BPBD Kabupaten Padang Pariaman, juga akan melaksanakan kegiatan bersama dalam pembentukan Nagari Tangguh bencana.

Direktur Poltekkes Kemenkes Padang, Burhan Muslim mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki Tim Siaga Bencana  (TSB) yang berbasis kesehatan masyarakat, dan sudah dilatih tiap tahunnya.

"Dengan 2.400 mahasiswa dan 142 dosen, Poltekkes Kemenkes siap untuk berkolabolasi dengan BPBD Kabupaten Padang Pariaman baik di masa Pra Bencana, masa Keadaan Darurat dan masa Pasca Bencana," ungkap Burhan Muslim.(*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved