Breaking News:

Tekan Angka Perceraian di Padang, Rumah Suluah Kreatif dan Karang Taruna Gelar Bimbingan Pranikah

Rumah Suluah Keratif bekerja sama dengan Karang Taruna Kola Jaya Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan, menggelar Bimbingan Pra Nikah Bagi Milenial, M

Penulis: Emil Mahmud | Editor: Saridal Maijar
TRIBUNPADANG.COM/EMIL MAHMUD
Rumah Suluah Keratif bekerja sama dengan Karang Taruna Kola Jaya Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan, menggelar Bimbingan Pranikah Bagi Milenial, Minggu, (20/6/2021). 

TRIBUNPADANG.COM - Untuk menekan angka pernihakan usia anak di Kota Padang, Rumah Suluah Keratif bekerja sama dengan Karang Taruna Kola Jaya Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan, menggelar Bimbingan Pra Nikah Bagi Milenial, Minggu, (20/6/2021).

Bertempat di Masjid Baiturrahman kampung Jambak, kegiatan dengan tema "Wujudkan Generasi yang Sehat, Hebat, Tangguh dan Bermartabat" itu, dibuka Kasi Binmas Islam Kantor Kemenang Kota Padang Aris Junaidi S.Ag, dan kegiatan tersebut diikuti generasi muda Kecamatan Lubuk Kilangan.

Ketua Rumuah Suluah Keratif Renita Susanti S.Ag mengatakan, Bimbingan Pra Nikah Bagi Milenial ini diadakan, karena berdasarkan data Kemenang Kota Padang, angka pernikahan anak atau di bawah umur di Kota Padang pada 2020 mencapai 50 pasang.

Baca juga: Cara Mendaftar PPDB Online SMA/SMK 2021 di Laman ppdb.sumbarprov.go.id, Bisa Pelajari Video Singkat

Mudah-mudahan melalui kegiatan bimbingan pra nikah ini, angka tersebut dapat ditekan.

"Angka 50 pasang itu baru Kota Padang, apalagi Sumbar, tentu jauh lebih besar dari itu. Padahal usia pra nikah pada UU No 16 tahun 2019 tentang Perubahan UU No 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, usia menikah itu minimal 19 tahun. Namun idelanya, pada umur 24 tahun," kata Renita di sela-sela kegiatan.

Meski idealnya pada usia 24 tahun, Renita juga menyebut bahwa butuh persiapan yang matang bagi seseorang untuk menikah, seperti wawasan tentang pernikahan dan fisik reproduksi untuk perempuan, serta persiapan mental lahir bathin, supaya mereka bisa menjadi generasi yang siap mental fisik untuk memasuki kehidupan berumah tangga.

Baca juga: Kumpulan Bingkai Foto HUT DKI Jakarta 2021, Link Twibbon Hari Jadi Jakarta ke-494 di Twibbonize.com

"Untuk siap itu, tentu harus ada pengetahuan, bagaimana memahami lika-liku berumah tangga, memilih jodoh atau pasangannya yang siap lahir bathin."

"Kemudian, pengetahuan tentang ketahanan keluarga. Dan ini, dititik beratkan, bagaimana laki-laki itu sanggup menafkahi keluarganya," ujar Refina.

Bimbingan Pra Nikah Bagi Milenial ini, kata Refnita melanjutkan, merupakan salah satu dari empat program Rumah Suluh Kreatif.

Baca juga: Jadwal Semen Padang FC di Indonesia e-Football League 2 Pekan Ketiga

Pertama selain Bimbingan Pra Nikah Bagi Milenial, juga ada Bimbingan Bacaan Alquran dan Salat. Kedua, program mengumpulkan wakaf alquran dan mukenah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved