Breaking News:

Berita Ibadah Haji

Arab Saudi Batasi Penyelenggaraan Haji, Pimpinan DPR Ingin Akhiri Spekulasi Tentang Ibadah Haji

Spekulasi mengenai haji muncul setelah pemerintah RI mengumumkan pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia pada 3 Juni 2021 lalu.

Editor: Emil Mahmud
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Masjidil Haram pada Selasa (16/7/2019) mulai dipadati jemaah haji dari berbagai negara. Pelaksanaan puncak haji 9 Dzulhijjah Wukuf di Arafah tahun ini jatuh pada 10 Agustus 2019. 

TRIBUNPADANG.COM - Spekulasi mengenai haji muncul setelah pemerintah RI mengumumkan pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia pada 3 Juni 2021 lalu.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berharap keputusan Pemerintah Arab Saudi membatasi penyelenggaraan haji dapat mengakhiri spekulasi yang berkembang di tengah masyarakat.

"Kita lihat kan tidak ada satu pun negara yang diberikan kuota haji, sehingga saya harap spekulasi apa pun yang berkembang di masyarakat tentang masalah haji ini agar diakhiri. Mari kita sama-sama konsentrasi dalam menghadapi covid," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/6/2021).

Dasco berpendapat keputusan Saudi yang menggelar haji terbatas pasti sudah diperhitungkan demi keselamatan jamaah di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Wamenag Zainut Tahuid Saadi : Penjelasan Dubes Kerajaan Arab Saudi Soal Haji, Jernihkan Informasi

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Bakal Gelar Ibadah Haji 2021, Kemenag RI : Kami Tentunya Bersyukur

Sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk tidak memberikan kuota haji untuk negara di luar Saudi.

"Keputusan pemerintah Arab Saudi itu adalah hak pemerintah Arab Saudi dan mungkin itu sudah diperhitungkan dengan matang di masa pandemi ini," ujar Dasco.

Seperti diketahui, Kerajaan Arab Saudi akhirnya memutuskan pelaksanaan haji pada tahun 2021 ini.

Arab Haji bakal melaksanakan haji tahun ini terbatas hanya untuk jemaah di dalam negeri, yakni, warga negara Arab Saudi maupun ekspatriat.

Dilansir dari laman Arab News, Kementerian Haji dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan bahwa hanya 60.000 jemaah dari dalam negeri.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Saudi Batasi Penyelenggaraan Haji, Pimpinan DPR Berharap Spekulasi Tentang Ibadah Haji Berakhir

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved