Breaking News:

Berita Pariaman Hari Ini

Wali Kota Genius Umar Minta Aktifkan Kembali, Kelompok Siaga Bencana di Kota Pariaman

Wali Kota Pariaman Genius Umar hadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU PASNA)

ISTIMEWA/DOK.DISKOMINFO PARIAMAN
Wali kota Pariaman Genius Umar saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU PASNA), Bagi Aparatur Kecamatan Dan Perangkat Desa Se Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman yang digelar oleh BPBD Kota Pariaman. Selasa (8/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN- Wali Kota Pariaman Genius Umar hadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU PASNA) yang digelar oleh BPBD Kota Pariaman.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk Aparatur Kecamatan dan Perangkat Desa se Kecamatan Pariaman Selatan, bertempat di aula pertemuan Kantor Camat Pariaman Selatan, pada Selasa (8/6/2021) pagi.

Kata Genius Umar, masyarakat Kota Pariaman harus mempersiapkan diri guna menghadapi bencana, karena wilayah Pariaman berada di daerah rawan bencana.

"Apalagi sekarang kita sedang dilanda bencana kesehatan yaitu bencana corona virus, sehingga membuat perubahan pada tatanan ekonomi kita, kegiatan sosial jadi terbatas, dan berbagai kegiatan pemerintahan juga menjadi terbatas," ujar Genius Umar.

Genius Umar mengemukakan ada tiga kategori bencana atau tahapan bencana, yaitu pra bencana, sedang dalam bencana, dan pasca bencana.

Dikatakannya, untuk menghadapi bencana tersebut, perlu diaktifkan kembali Kelompok Siaga Bencana yang telah terbentuk sebelumnya disetiap Desa yang ada di Kota Pariaman ini, dengan jumlah 25 orang disetiap desanya.

Genius Umar minta mereka dilatih kembali, dan menjadi tugas dari BPBD untuk melakukannya. 

"Latih mereka bagaimana caranya jika menghadapi bencana yang datang, apa yang harus mereka lakukan, seperti apa pola komunikasi yang harus mereka kerjakan, dan lain sebagainya sehingga mereka benar-benar siap dengan tugas mereka ketika terjadi bencana tersebut," ujar Genius Umar.

Wali kota Pariaman mengemukakan, kelompok-kelompok siaga bencana yang telah dilatih, akan ditempatkan di posko-posko Covid-19 yang telah ada disetiap desa

Halaman
12
Penulis: Wahyu Bahar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved