Breaking News:

Berita Pesisir Selatan Hari Ini

Titik Habitat Buaya di Pesisir Selatan, Konservasi Wilayah Belum Tahu Keberadaan Buaya Senyulong

Berikut ini titik atau lokasi yang dihuni satwa liar dan dilindungi jenis buaya muara di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar),

TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Ilustrasi: Satu buaya yang berada di dalam kawasan Taman Margasatwa Bukit Kinantan Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PESISIR SELATAN - Berikut ini titik atau lokasi yang dihuni satwa liar dan dilindungi jenis buaya muara di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Titik-titik lokasi yang dihuni buaya tersebut berdasarkan keterangan dari Kepala Resort Konservasi Wilayah Pesisir Selatan (Pessel), Bilmar.

Saat dihubungi TribunPadang.com, Bilmar pada Rabu (2/6/2021) menyebutkan jenis buaya yang ditemukan di kawasan Kabupaten Pesisir Selatan adalah buaya muara.

Sedangkan untuk jenis buaya dilindungi lainnya, dia menyebutkan jenis Buaya Senyulong, yang belum ada laporan terkait keberadaannya.

Baca juga: Buaya Senyulong Muncul di Dharmasraya, BKSDA Sumbar Sebut Bukan Satwa Dilindungi

Ilustrasi: Satu buaya yang berada di dalam kawasan Taman Margasatwa Bukit Kinantan Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
Ilustrasi: Satu buaya yang berada di dalam kawasan Taman Margasatwa Bukit Kinantan Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). (TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR)

"Sampai dengan hari ini belum pernah ada laporan terkait kemunculan buaya senyulong di Kabupaten Pesisir Selatan. Laporan yang masuk masih buaya muara," kata Bilmar.

Ia mengatakan, habitat buaya muara hampir di semua dan sepanjang muara di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

"Habitat buaya berada di hampir semua dan sepanjang muara di Kabupaten Pesisisr Selatan. Belum kita inventarisasi, tapi ada beberapa muara dan sungai pernah dilaporkan adaya kemunculan buaya," ujar Bilmar.

Lokasi yang dihuni buaya muara menurut Bilmar, terdapat di salah satu nagari di Kecamatan Koto IX Tarusan, Kecamatan Batang Kapas, Kecamatan Bayang.

Selanjutnya, Kecamatan Sutera, Kecamatan Lengayang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kecamatan Silaut, dan Kecamatan Lunang.

Baca juga: BKSDA Sumbar Lepas Liarkan 2 Kukang dan 1 Elang di Cagar Alam Maninjau, Satwa Diserahkan Warga

Halaman
1234
Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved