Breaking News:

Bank Indonesia Proyeksi Inflasi pada Mei 2021, Ketahui Penyebab Utamanya

Bank Indonesia atau BI memprediksi inflasi pada bulan Mei 2021 sebesar 0,28 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Editor: Emil Mahmud
TribunPadang.com/Rezi Azwar
Suasana pengunjung di Pasar Raya Padang, Kota Padang, Sunatera Barat, Minggu (2/5/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA – Bank Indonesia atau BI memprediksi inflasi pada bulan Mei 2021 sebesar 0,28 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Perhitungan tersebut berdasarkan pada Survei Pemantauan Harga pada minggu IV Mei 2021, yang tercatat relative terkendali.

“Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu IV Mei 2021, perkembangan harga pada minggu IV Mei 2021 masih relatif terkendali dan diperkirakan inflasi sebesar 0,28 persen (mtm),” jelas Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangannya pada Minggu (30/5/2021).

“Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Mei 2021 secara tahun kalender sebesar 0,86% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,64 persen (year on year/yoy),” sambungnya.

Penyumbang utama inflasi Mei 2021 sampai dengan minggu keempat yaitu komoditas angkutan antarkota sebesar 0,09 persen (mtm), daging ayam ras sebesar 0,06 persen (mtm), daging sapi dan emas perhiasan masing-masing sebesar 0,03 persen (mtm).

Baca juga: Lima Youtuber Indonesia Panghasilan Tertinggi, Urutan Pertama Baim Wong, Proyeksi Pendapatan 10 M

Kemudian untuk jeruk dan minyak goreng masing-masing sebesar 0,02 persen (mtm), kelapa, kangkung, kentang, bayam, udang basah, ikan tongkol, ikan kembung dan angkutan udara masing-masing sebesar 0,01 persen (mtm).

Sementara itu, beberapa komoditas mengalami deflasi, antara lain cabai rawit dan cabai merah masing-masing sebesar -0,05% (mtm), serta telur ayam ras sebesar -0,01 persen (mtm).

Erwin kembali melanjutkan, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

“Serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia supaya tetap baik dan berdaya tahan,” pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bank Indonesia Proyeksi Inflasi di Mei 2021, Ini Dia Penyebabnya

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved