Breaking News:

Doni Monardo Pensiun, Presiden Jokowi Lantik Letjen Ganip Warsito Sebagai Kepala BNPB

Presiden Jokowi melantik Letjen Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB menggantikan Letjen TNI Doni Monardo yang akan pensiun dari dinas TNI pada 1 Juni.

Editor: Mega Satriani Purwaningtyas
bnpb.go.id
Doni Monardo menjabat sebagai Kepala BNPB sejak Januari 2019. 

TRIBUNPADANG.COM - Presiden Joko Widodo melantik Letnan Jenderal Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggantikan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

Didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Jokowi melantik Ganip di Istana Negara, Selasa (25/5/2021).

Saat ini, Ganip menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI.

Ganip menggantikan Doni Monardo yang akan pensiun dari dinas TNI pada 1 Juni mendatang.

"Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti oleh perwira tinggi TNI yang aktif," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dikutip dari Kompas.com, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Kepala BNPB Doni Monardo Cerita Abrasi Pantai Padang, Waktu SMP dan SMA Ini Tempat Bermain Kami

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti.

"Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 79/P tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana," kata Nanik.

"Dengan rahmat Tuhan YME, Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya, ke-satu dan seterusnya ke-dua mengangkat Letjen TNI Ganip Warsito SE, MM sebagai Kepala Nasional Penanggulangan Bencana," tambahnya.

Usai pembacaan Keppres, prosesi selanjutnya yakni pembacaan sumpah jabatan Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB. pembacaan sumpah dipandu oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Ganip.

Baca juga: Kepala BNPB Doni Monardo Apresiasi Kinerja Pemkot Pariaman Dalam Merawat Pohon Pinaga

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved