Breaking News:

Apa yang Kamu Rasakan di Bumi dengan Adanya Revolusi Bumi Terhadap Matahari? Jawaban Tema 9 Kelas 6

Apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari? Pernyataan di atas merupakan soal Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 3.

Editor: Mona Triana
Tangkap layar kemdikbud.go.id
Ilustrasi : Belajar secara daring 

TRIBUNPADANG.COM - Apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?

Pernyataan di atas merupakan soal Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 3.

Berikut ini telah tersedia jawaban dari pertanyaan soal Buku Tematik yang hanya ditujukan bagi orang tua dalam mengawasi anak belajar di rumah.

Bagi para siswa diharapkan dapat mencari jawaban sendiri.

Baca juga: Apakah yang Dapat Kamu Katakan Tentang Kedua Gambar Tersebut? Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 1

Baca juga: KUNCI JAWABAN: Identifikasi Jenis-jenis Iklan Elektronik Dilihat dari Isinya, Tema 9 Kelas 5 Hal 96

Baca juga: Kunci Jawaban: Naskah Drama Pendek tentang Sikap Toleransi, Tema 8 Kelas 5 SD/MI 

Baca juga: Tabel Ciri-ciri Masyarakat Modern, Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 28

Baca juga: Sudut Lurus Adalah . . . Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 3 Halaman 35

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 3

Ayo Membaca

Bacalah artikel berikut ini dengan saksama

Benda Langit di Sekitar Kita

Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbedabeda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita lihat lebih dekat sistem tata surya kita.

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian. Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi.

Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam, Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?

Ada beberapa akibat revolusi bumi yaitu gerak semu matahari, perbedaan lama waktu siang dan malam, dan perbedaan musim. serta terbentuknya rasi bintang yang berbeda-beda

Baca selengkapnya di sini

(Tribunpadang.com)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved