Breaking News:

Berita Agam Hari Ini

Berkas Perkara Perdagangan Satwa Kukang di Agam Dinyatakan P-21, Polres Limpahkan Ke Kejaksaan

Penyidik Satreskrim Polres Agam melimpahkan berkas perkara kasus perdagangan satwa dilindungi jenis Kukang (Nycticebus coucang) yang menyeret inisial

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Penyidik Satreskrim Polres Agam limpahkan kasus perdagangan satwa dilindungi jenis Kukang (Nycticebus coucang) yang menyeret inisial HJ (45) ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Agam, Sumatera Barat (Sumbar). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, AGAM - Penyidik Satreskrim Polres Agam melimpahkan berkas perkara kasus perdagangan satwa dilindungi jenis Kukang (Nycticebus coucang) yang menyeret inisial HJ (45) ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Terduga pelaku berinisial HJ (45) merupakan warga Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumbar.

Pelimpahan tersangka dan barang bukti dilakukan oleh penyidik setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa.

Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra, mengatakan kalau kasus tersebut bermula ketika HJ (45) diamankan  tim gabungan BKSDA Sumbar dan Satreskrim Polres Agam.

"Inisial HJ (45) diamankan saat itu di Pasar Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam," kata Ade Putra, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Anggota Brimob Polda Sumbar Temukan Kukang di Agam, Langsung Diserahkan ke BKSDA

Baca juga: Hendak Jual 2 Ekor Kukang, Pria Asal Pasaman Ditangkap di Agam

Ia menyebutkan, pelaku diamankan pada Rabu tanggal 24 Maret 2021 sekitar pukuk 15.30 WIB.

HJ diamankan ketika membawa dan akan memperniagakan satwa langka dan dilindungi jenis Kukang (Nycticebus coucang) sebanyak dua ekor.

"Awalnya satwa yang terancam punah itu dibawa dari Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, menuju ke Kabupaten Agam untuk dijual kepada pembelinya," ujarnya.

Namun, tindakan itu berhasil digagalkan oleh tim gabungan yang mendapatkan informasi dari masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved