Breaking News:

Urutan Planet-planet Berdasarkan Ukurannya dari Terkecil hingga Terbesar

Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya

Editor: Saridal Maijar
Twitter/@nasa
Urutan Planet-planet Berdasarkan Ukurannya dari Terkecil hingga Terbesar 

TRIBUNPADANG.COM - Berikut ini urutan planet-planet berdasarkan ukurannya dari terkecil hingga terbesar.

Pertanyaan tersebut merupakan soal halaman 4, 5, 6, 7, Tema 9 Kelas 6 SD/MI, Subtema 1 Pembelajaran 1, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Subtema 1 yang tentang Keteraturan yang Menakjubkan, merupakan bagian dari materi Tema 9 berjudul Menjelajah Angkasa Luar. 

Berikut pertanyaan dan kunci jawaban Tema 9 Kelas 6 halaman 4, 5, 6, 7:

7. Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya.

Jawaban:

Jawaban lengkapnya klik DI SINI

Benda Langit di Sekitar Kita

Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbedabeda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita lihat lebih dekat sistem tata surya kita.

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian. Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi.

Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam.

(TribunPadang.com)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved