Breaking News:

Advertorial

Peringatan Hari Cuci Tangan Se-Dunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Kemungkinan mencuci tangan bagi sebagian orang adalah hal yang sepele, padahal kebersihan tangan sangat penting dan dapat mempengaruhi kesehatan.

ISTIMEWA/DOK.HUMAS PT SEMEN PADANG
Ilustrasi: Gedung Semen Padang Hospital 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG – Kemungkinan mencuci tangan bagi sebagian orang adalah hal yang sepele, padahal kebersihan tangan sangat penting dan dapat mempengaruhi kesehatan.

Selama ini pada setiap tanggal 5 Mei, diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Se-Dunia atau Global Hand Hygiene Day.

Perawat Pencegah Pengendalian Infeksi di Semen Padang Hospital (SPH) Ns. Rika Rahmadani S.Kep mengungkapkan, Hari Cuci Tangan Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi lainnya.

Yakni pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

“Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan. Serta, dapat membuat tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi virus dari satu orang ke orang lain,” ujar perawat yang berlatar pendidikan S1 Keperawatan ini.

Baca juga: SPH Fokuskan Promosi Layanan Unggulan Melalui Digital Marketing

Baca juga: Keunggulan Layanan Urologi di SPH, Sediakan Alat Uroflowmetri yang Hanya Satu-satunya di Padang

Terutama dalam kondisi saat ini, di masa pandemi Covid-19 salah satu protokol kesehatan yang dapat mencegah penyebaran infeksi menular lebih lanjut adalah dengan rutin mencuci tangan pakai sabun.

Rika menekankan, menjaga kebersihan tangan itu sangat penting. karena kuman itu ada dimana-mana yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

Dijelaskannya, ada berbagai resiko penyakit yang mengancam kesehatan seperti Pilek, Diare, Keracunan Makanan, Hepatitis A, Terinfeksi Bakteri Ecoli, Thypus dan penyakit lainnya.

“Segala aktivitas ringan ataupun berat tentu ada bakteri atau kuman yang menempel pada tangan. Jika didiamkan, maka bakteri akan mudah tumbuh dan berkembang dengan cepat, sehingga tubuh rentan terkena penyakit yang bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan,” terangnya.

Ilustrasi: Sejumlah anak usia sekolah memanfaatkan sarana cuci tangan.
Ilustrasi: Sejumlah anak usia sekolah memanfaatkan sarana cuci tangan. (TRIBUN JABAR/ZELPHI)

Berikut beberapa hal penting untuk mencuci tangan dalam kegiatan sehari-hari, terutama ketika di rumah :

Halaman
1234
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved