Breaking News:

Buaya Muncul di Tanjung Mutiara Agam, KSDA Ingatkan Jangan Buang Sampah Sisa Rumah Tangga ke Sungai

Buaya Muncul di Agam, KSDA Ingatkan Jangan Buang Sampah Sisa Rumah Tangga ke Areal Sungai

ISTIMEWA/DOK:PRIBADI ERA
Penampakan buaya di belakang rumah warga bernama Era, Senin (3/5/2021) di Komplek Somel, Jorong Ujuang Labuang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Provinsi Sumbar. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, AGAM- Kepala Resor KSDA Agam, Ade Putra mengatakan kemunculan satwa buaya yang akhir-akhir ini sering tampak di komplek Somel, memang berada di areal Konservasi High Conservation Value (HCV) PT Mutiara Agam.

"Hasil identifikasi di lapangan, lokasi kemunculan buaya memang di habitatnya, sedangkan pemukiman di Komplek Somel tersebut adalah mess karyawan PT Mutiara Agam," ucap Ade.

KSDA mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak manajemen PT Mutiara Agam.

Baca juga: Buaya Muara Menepi dari Aliran Sungai di Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, Era: Tidak Takut Lagi

Baca juga: Soal Kemunculan Buaya Besar di Manggopoh Kabupaten Agam, KSDA: Batang Antokan Memang Habitatnya

KSDA Agam dalam pertemuan mengingatkan manajemen perusahaan untuk melakukan pemantauan dan monitoring, terhadap satwa yang ada di lokasi HCVnya.

Pihak perusahaan diminta terus melakukan edukasi kepada karyawan yang tinggal di dekat areal konservasi.

"Perusahaan kita minta agar memberi arahan kepada karyawan agar tidak membuang sampah sisa rumah tangga ke areal sungai," kata Ade.

Sampah sisa rumah tangga sekiranya dapat memancing satwa buaya untuk mendekati areal pemukiman.

Ade menjelaskan High Conservation Value adalah areal di dalam konsesi perkebunan kelapa sawit yang memiliki nilai konservasi tinggi.

"Perlu dipertahankan dan dikelola untuk menjaga keberlanjutan fungsi ragam hayati, fungsi tata air dan kesuburan tanah, dan fungsi sosial budaya," jelas Ade.

BKSDA Agam datangi lokasi yang sering terlihat kemunculan buaya, di komplek Somel, Jorong Ujuang Labuang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Selasa (3/5/2021).
BKSDA Agam datangi lokasi yang sering terlihat kemunculan buaya, di komplek Somel, Jorong Ujuang Labuang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Selasa (3/5/2021). (TribunPadang.com/WahyuBahar)
Halaman
1234
Penulis: Wahyu Bahar
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved