Larangan Mudik 2021

Terkait Larangan Mudik 2021, Kadispar Kota Pariaman: Siapkan Destinasi Wisata Liburan Idul Fitri

Dinas Pariwisata Kota Pariaman akan mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah pusat mengenai pelarangan mudik terhitung mulai 6 -17 Mei 2021 mendata

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/WAHYU BAHAR
Kadis Pariwisata Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono saat ditemui di Balai Kota. Senin (19/4/2021) siang. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PARIAMAN - Dinas Pariwisata Kota Pariaman akan mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah pusat mengenai pelarangan mudik terhitung mulai 6 -17 Mei 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Pariaman, Dwi Marhen Yono mengemukakan pangsa pasar wisatawan Pariaman itu, ialah para perantau yang berasal dari Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Menurut data kami, sekitar 100 -150 ribu warga perantauan berada di Pekanbaru," ujar Marhen saat ditemui di Balaikota Pariaman, Senin (19/4/2021) siang.

Marhen memprediksi separuh dari perantau yang berasal dari Pekanbaru akan lebih awal untuk pulang kampung sebelum tanggal 6 Mei 2021.

Selebihnya, yang akan berkunjung adalah wisatawan Pariaman berasal dari lokal Sumatera Barat, utamanya asal Padang dan Bukittinggi.

Sejauh ini lanjut Marhen, untuk wisatawan luar Sumbar biasanya angka kunjungannya relatif kecil atau sedikit.

"Jadi, menurut kami pelarangan mudik nantinya tidak terlalu berpengaruh kepada kunjungan wisata di Pariaman, karna wisatawan umumnya berasal dari lokal Sumatera Barat," imbuh Marhen.

Baca juga: 114 PNS Di Lingkungan Pemko Pariaman Dilantik, Wali Kota Genius Umar: Perkuat dan Percepat Birokrasi

Baca juga: Genius Umar Inginkan Perbaikan Laporan Inovasi Pelayanan Publik Kota Pariaman

Sambut Baik Larangan Mudik 2021

Karenannya, imbuh Marhen pihak Dispar Pariaman menyambut baik kebijakan pemerintah pusat mengenai pelarangan mudik tersebut.

"Lagi pula, karna situasi pandemi covid-19 masih melanda dan cukup berdampak. Namun begitu, Dispar akan siapkan destinasi wisata pada liburan Idul Fitri nantinya, " ujar Marhen.

Pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari Pantai Sunur sampai di Pantai Apar.

Harapannya, agar tak ada kerumunan-kerumunan. Dengan begitu, wisatawan nantinya menyebar di sepanjang di 12,6 Km wisata pantai Pariaman.

"Arahan dari Bapak wali kota, di 12 titik destinasi wisata akan ada tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Satuan Polisi Pamong Praja, (Satpol PP)" ujarnya.

Marhen menambahkan, BPBD tugasnya nanti ialah memantau wisatawan yang bermain di laut, atau di pinggirnya.

Sedangkan Satpol PP memantau wisatawan agar tidak berkerumun, mengingatkan wisatawan agar memakai masker, serta arahan-arahan lainnya.

"Mudah-mudahan masyarakat semakin sadar dan bisa menerapkan protokol kesehatan yang kita canangkan," pungkas Marhen. (*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved