Breaking News:

Akademisi Seni Dirikan Komunitas Sekoci, Upayakan Regenerasi Koreografer Sumatera Barat

Sekumpulan akdemisi seni dari berbagi perguruan tinggi di Sumbar mendirikan Komunitas Serikat Koreografer Cahaya Indonesia disingkat Sek

ISTIMEWA
Ilustrasi: Penampilan pada Festival Mentari 2022 di Fakultas Bahasa dan Seni UNP (Universitas Negeri Padang) baru-baru ini. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sekumpulan akdemisi seni dari berbagi perguruan tinggi di Sumbar mendirikan Komunitas Serikat Koreografer Cahaya Indonesia disingkat Sekoci.

Kehadiran komunitas ini upaya meregenerasikan para koreografer muda agar bisa berkarya, nasional maupun Internasional nantinya.

Seorang Pendiri, Susas Rita Loravianti mengatakan perkembangan dan pertumbuhan seni tari di Indonesia turut dipengaruhi oleh koreografer yang berasal dari kebudayaan Minangkabau.

Menurutnya, berbagai nama koreografer asal Sumbar sudah dikenal nasional dan Internasional, seperti Hurijah Adam, Sofyani Yusaf Rahman, Gusmiati Suid.

Pada awal 2000an juga muncul sederet koreografer, di antaranya; Indra Yuda, Susas Loravianti, Joni Andra, Herlinda Mansyur, Ali Sukri dan Hartati. 

"Namun saat ini, jarang sekali terdengar nama-nama koreografer muda yang muncul dan konsisten untuk berkarya, baik di ajang nasional maupun Internasional," kata Susas Rita Loravianti, Jumat (16/4/2021).

Dikatakan Susas Rita, bahwa kemunculan gagasan untuk menciptakan wadah untuk membangkitkan kembali semua potensi yang ada di Sumatera Barat bernama komunitas Sekoci. 

Komunitas Sekoci ini kemudian menghadirkan Festival MenTARI 2022 dengan tema Belakang Layar.

Festival ini untuk mentoring koreografer muda secara intensif, efisien dan sistematis, koreografer Sumatera Barat yang terpilih beras dari akademisi seni.

Ilustrasi: Penampilan pada Festival Mentari 2022 di Fakultas Bahasa dan Seni UNP (Universitas Negeri Padang) baru-baru ini.
Ilustrasi: Penampilan pada Festival Mentari 2022 di Fakultas Bahasa dan Seni UNP (Universitas Negeri Padang) baru-baru ini. (ISTIMEWA)

Baca juga: Apakah yang Dimaksud dengan Properti Dalam Seni Tari? Berikan Contoh Properti Tari yang Kamu Ketahui

Baca juga: Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Workshop Jurnalis Budaya, Pemateri Bahas Menulis dengan Cara Bercerita

Di antaranya, Marya Danche, Hendri, Afrizal, Yesriva Nursyam, Denny Mayosta, Syafrini, David Putra Yudha, Ifra Ganis, Mutya Rianti dan Nurima Sari. 

Pendampingan ini dilakukan dalam bentuk kerja laboratorium (choreoLab) yang telah dilakukan selama 3 bulan.

Hasil pendampingan ini, kemudian dilakukan pertunjukkan di Gedung Teater Mursal Esten, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  atau UNP pada 6-8 April 2021 lalu.

Penampilan seni ini tetap dengan menjalankan protokol kesehatan Covid 19 dalam.

Tidak hanya itu, Festival MenTARI ini juga akan tayang perdana pada Sabtu - Minggu, 17-18 April 2021⁣. Pukul 15.00 WIB⁣ di Youtube Indonesia Kaya⁣. (*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved