Breaking News:

Gubernur Mahyeldi Sebut Potensi Petanian dan Kemaritiman Sumbar, Termasuk Luar Biasa

Sumatera Barat memiliki potensi yang besar, kelautan dan perikanan mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan perekonomian na

Editor: Emil Mahmud
Istimewa/Biro Humas Pemprov Sumbar
Gubernur Sumbar Mahyeldi memberikan sambutan Rapat koordinasi (Rakor) Pemerintahan Daerah yang digelar di Hotel Kryad Bumi Minang, Padang, Rabu (24/3/2021). 

TRIBUNPADANG.COM -- Sumatera Barat memiliki potensi yang besar, kelautan dan perikanan mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, terutama dalam meningkatkan perluasan kesempatan kerja.

"Daerah perairan kita memiliki potensi luar biasa yang harus bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat kelautan dan perikanan yang dihasilkan oleh nelayan, dengan pembudidaya ikan dari pelaku usaha perikanan lainnya wajib memelihara lingkungan, kelestarian dan ketersediaan sumberdaya ikan," sambut Gubernur Sumbar dalam sambutan Rapat koordinasi (Rakor) Pemerintahan Daerah yang digelar di Hotel Kryad Bumi Minang, Padang, Rabu (24/3/2021).

Acara Rakor Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Ketua DPRD, Serta Anggota Forkopimda, Sekda Sumbar, Bupati/ Walikota se-Sumbar, para Staf Ahli, para Asisten, dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar dan Kepala OPD terkait di lingkungan Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi yang mengambil tema "Penguatan Sinergitas Program yang Terintegrasi Mewujudkan Petanian dan Kemaritiman yang Tangguh, Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan," ujar

Rakor tersebut mewujudkan sinkronisasi dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: Wagub Sumbar Buka Kegiatan Konsultasi Publik RPJMD 2021-2026: Audy: Butuh Kerja Lebih Keras Lagi

Baca juga: Gubernur Mahyeldi Sambut Komite II DPD RI, Sampaikan Pembangunan Jalan Tol

Sektor kemaritiman mempunyai karakteristik yang berbeda dengan sektor lain, khususnya sumberdaya perikanan laut yang pada hakekatnya tidak dapat dibatasi berdasarkan wilayah administrasi dan bersifat terbuka dalam pemanfaatannya.

Sumber daya perikanan laut tropis memiliki banyak spesies yang relatif terbatas jumlahnya.

"Saat ini nilai produksi perikanan laut WPP Sumbar berhasil dicapai sebesar 211.821,30 ton," kata Mahyeldi Ansharullah.

Sehingga, usaha perikanan yang masih berpeluang untuk dikembangkan adalah untuk investasi skala menengah dan besar yakni penangkapan ikan tuna di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) tanpa bersaing dengan nelayan tradisional di pinggir pantai.

Luas lahan perairan umum di Sumatera Barat sebesar 69.806,78 ha yang terdiri dari danau, sungai, telaga, rawa dan lain - lain dan tersebar pada 19 Kabupaten/Kota.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved