Breaking News:

Berita Sumbar Hari Ini

Guspardi Gaus Minta Sempurnakan Naskah Akademik Provinsi DIM, Minangkabau Syaratkan 'Sato Sakaki' 

Nama Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus disebut-sebut mendukung keinginan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengubah nama Provinsi Suma

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Nama Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus disebut-sebut mendukung keinginan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengubah nama Provinsi Sumatera Barat menjadi Daerah Istimewa Minangkabau (DIM).

Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus menyatakan, dirinya mendukung dalam artian, mengapresiasi Tim Kerja Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (BP2DIM) datang ke DPR RI.

Pada kesempatan itu, BP2DIM menyampaikan maksud dan tujuan ingin mengubah nama Provinsi Sumatera Barat menjadi Daerah Istimewa Minangkabau.

Baca juga: Soal SKB Seragam Sekolah, Anggota DPR Guspardi Gaus: Menabrak UUD I945 dan Pancasila

"BP2DIM menyampaikan ingin mengubah nama Provinsi Sumbar diganti dengan DIM. Informasi yang disampaikan, sudah mempersiapkan naskah akademik."

"Kata saya sempurnakan dan libatkan semua stakeholder," kata Guspardi Gaus kepada TribunPadang.com, Kamis (18/3/2021).

Selama ini apabila di Minangkabau, lanjut Guspardi Gaus, ada syarat "sato sakaki".  Dan, imbuhnya apabila masyarakat tidak dilibatkan, bisa jadi batu sandungan.

Sebelumnya, ada persiapan sejak 2014, perlu sosialiasi, penyempurnaan dan perlu dukungan, kata Guspardi, itu saja tidak cukup.

"Perlu juga lakukan rapat dengar pendapat umum dengan Komisi II, yakinkan Komisi II, sebab yang menentukan itu adalah pembahasan di Komisi II DPR RI," ungkap Guspardi Gaus.

Guspardi Gaus menjelaskan, sejauh ini Komisi II juga sedang melakukan kajian perevisian terhadap Undang Undang beberapa Provinsi.

Baca juga: Mic Anggota DPR Asal Sumbar Tiba-tiba Mati Saat Protes SKB 3 Menteri, Guspardi Gaus: Belum 5 Menit

Baca juga: Patahkan Ucapan Puan Maharani, Legislator PAN Guspardi Gaus: Orang Sumbar Itu Paling Pancasilais

Halaman
1234
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved