Breaking News:

Pengelompokan Sistem Tata Surya Apa Sajakah yang Telah Kamu Ketahui?

Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi

Editor: Mona Triana
kemdikbud.go.id
Belajar Di Rumah 

TRIBUNPADANG.COM - Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?

Pernyataan di atas merupakan soal Buku Tematik tema 9 kelas 6.

Berikut ini telah tersedia jawaban dari soal tersebut yang ditujukan bagi orang tua dalam memandu proses belajar anak di rumah.

Baca juga: Apa Peran Galileo Galilei Dalam Ilmu Pengetahuan Angkasa Luar?

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 149, 150, 153, 155 dan 158, Pembelajaran 2 Subtema 3

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147, 148, Pembelajaran 1 Subtema 3

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 144

2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?

Pengelompokkan dalam Sistem Tata Surya :

·  Berdasarakan posisi planet yang dilihat dari orbit Bumi : Planet inferior adalah planet yang terletak di dalam orbit Bumi, yaitu Merkurius dan Venus. Planet Superior adalah planet yang terletak di luar orbit Bumi, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

·  Berdasarkan material penyusun : Planet terrestial adalah planet dengan ukuran yang relatif kecil, berbatu, dan memiliki atmosfer yang tipis. Planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Bumi dan Mars Planet Jovian adalah planet dengan ukuran yang relatif lebih besar, tersusun dari gas, cairan, dan es tebal.

·  Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid : Planet dalam adalah planet yang berada di dalam orbit asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars Planet luar adalah planet yang berada di luar orbit asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

Ayo Berlatih

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved