Breaking News:

Citizen Journalism

Film Dokumenter Biorock di Mentawai, Masa Depan Laut dan Terumbu Karang di Pantai Barat Sumatera

PENULIS semula tidak pernah menyangka bakal bisa menjadi bagian dari salah satu nara sumber dalam pembuatan film dokumenter tentang usaha kolaboratif

ISTIMEWA/DOK.PRIBADI
Proses pembuatan film dokumenter tentang usaha kolaboratif pembuatan dan penanaman Biorock yang ditempatkan di sisi timur dari Pulau Nyangnyang - Selat Bunga Laut, Kabupaten Kepulauan Mentawai -- baru-baru ini. 

*)Oleh: Harfiandri Damanhuri

PENULIS semula tidak pernah menyangka bakal bisa menjadi bagian dari salah satu nara sumber dalam pembuatan film dokumenter tentang usaha kolaboratif pembuatan dan penanaman Biorock.

Biorock yang dirancang dan didisain secara  baik yang ditempatkan di sisi timur dari Pulau Nyangnyang. Salah satu pulau kecil dalam gugusan Kawasan Konservasi Perairan, Selat Bunga Laut, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Penulis dihubungi oleh Alexandre Ribas sekitar 1,5 bulan yang lalu. Nama terakhir (Alexandre Ribas)  yang berasal dari Brazil adalah pengelola Resort Hidden Bay.

Beliau diskusi banyak dan minta dukungan dalam proyek ini. Apabila Biorock ini rampung, maka mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan atau FPIK, Universitas Bung Hatta yang punya kompetensi snorkeling/diving.

Harfiandri Damanhuri
Harfiandri Damanhuri (ISTIMEWA/DOK.PRIBADI)

Berbekal ilmu (sedikit) tentang karang dan ikan karang, sehingga penulis bisa terlibat kegiatan monitoring Biorock. Di antaranya, turut melihat pertumbuhan dan perkembangan karang Biorock.

Lokasi Biorock ini juga dapat menjadi lokasi magang (internship) dan penelitian (research) bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK S1 & S2), Universitas Bung Hatta, Padang.

Ini langkah awal dalam kerjasama kolaboratif antara pemilik kawasan Biorock, para expert Biorock Indonesia dan Dosen dari FPIK Universitas Bung Hatta yang punya kompetensi dalam bidang konservasi biota dan kawasan.

Bagi yang terlibat juga wajib punya kompetensi (lisensi) selam (diving) serta berpengalaman tentang terumbu karang dan ikan karang. Termasuk, mengenali wilayah atau dimana Biorock ditanam dan terpasang.

Dalam pembuatan film dokumenter tentang Biorock ini juga melibatkan nara sumber lain. Di antaranya, Piet Paulus Prong, staf ahli (expert) Biorock Indonesia. Sejauh ini, Paulus merupakan seorangDiving Manager/Instruktur Selam dari Pulau Gangga, Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Halaman
123
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved