Breaking News:

Penanganan Covid

Seribu Lansia Se-Kota Padang Divaksin Covid-19, Kadinkes: Belum ada Keluhan PascaVaksinasi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani mengatakan diperkirakan telah mencapai sekitar seribu orang warga lanjut usia atau lansia yang divaksin

TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
Pelaksanaan Vaksinasi bagi lanjut usia atau lansia di Gedung HTT, Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (5/3/2021) 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani mengatakan diperkirakan telah mencapai sekitar seribu orang warga lanjut usia atau lansia yang divaksin.

Sebelumnya, Vaksin covid-19 untuk lansia ini dilaunching pada Minggu (28/2/2021) di Pukesmas Rawang, diikuti sekitar 200 lansia.

Kemudian, vaksinasi di Gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT) Kampung Pondok, Kecamatan Padang Selatan, pada Jumat (5/3/2021) ini diikuti 800 orang.

"Setelah 200 orang lansia, maka pada (Jumat 5/3/2021) hari ini menyusul 800 orang, jadi hampir 1000 orang lansia divaksin, mudah-mudahan data ini sudah mencapai angka seribu," kata Ferimulyani.

Sementara itu, jumlah tenaga kesehatan atau nakes, yang divaksin sudah 10.000 orang, kemudian pelaku pelayanan publik sudah 1000 orang.

Baca juga: Kondisi RSUP M Djamil Padang saat Gempa 5,8 SR Mengguncang, Pasien Sempat Keluar Gedung

Baca juga: Vaksin Tahap II di Padang Tersedia 32.500 Dosis, Prioritas Lansia, ASN hingga Pelayan Publik

Ferimulyani mengatakan, jika droping dosis banyak dari pemerintah pusat, ditargetkan 3000 sampai 4000 suntikan per hari.

"Karena sasaran kita 700 ribu warga Padang, yang kita bagi vaksinasi setiap hari hingga Desember 2021," jelas Ferimulyani.

Ferimulyani mengatakan ditargetkan semua lansia ikut vaksin, terdata ada 70 ribu lansia se-Kota Padang.

Jarak minimal suntikan kedua vaksinasi bagi lansia 28 hari, direncanakan suntikan kedua lansia ini awal April 2021 mendatang.

Sejak dilaunching di Pukesmas Rawang, Kecamatan Padang Selatan, kata Dia, belum ada kejadian atau keluhan lansia pasca divaksinasi covid-19.

Ia menambahkan, vaksinasi lansia masih akan dibuka pendaftaran, bisa dilakukan di Puskesmas.

Ferimulyani memastikan, vaksin sinovac yang digunakan sudah aman dan halal, bisa digunakan untuk usia 18 tahun ke atas, termasuk lansia.

"Kepada masyarakat saya mengimbau tidak usah percaya dengan berita-berita hoax di medsos, karena uji klinis yang dilakukan ahlinya, vaksinasi ini aman," tambah Ferimulyani. (*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved