Breaking News:

Advertorial

Semen Padang Kembali Ekspor Semen dan Klinker, Menyusul ke Maldives, Australia dan Bangladesh

Sejak awal Januari hingga pertengahan Februari tahun 2021, SIG melalui PT Semen Padang, telah mengekspor semen dan klinker sebanyak 333.532,391 Metric

Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.HUMAS PT SEMEN PADANG
Kapal yang mengangkut ekspor Semen Padang ke Australia, di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat pada 10 Februari 2021 lalu. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sejak awal Januari hingga pertengahan Februari tahun 2021, SIG melalui PT Semen Padang, telah mengekspor semen dan klinker sebanyak 333.532,391 Metric Ton (MT) ke Maldives, Australia dan Bangladesh.

"Ini baru data sampai 22 Februari 201. Jumlah ekspor ini akan terus bertambah, karena pengiriman semen dan klinker di bulan Februari ini masih berlangsung," kata Group Head of Sales SIG Rahman Kurniawan, Selasa (23/2/2021).

Rahman juga merinci jumlah semen dan klinker yang diekspor ke tiga negara tersebut. Untuk semen, kata dia, ada dua tipe, yaitu OPC 52,5 N yang dikespor sebanyak 15.000 MT ke Australia, dan tipe OPC 42.5 N sebanyak 21.924,180 MT yang dieskpor ke Maldives.

Sedangkan untuk jenis klinker, sebut Rahman, diekpor ke Negara Bangladesh dengan jumlah lebih dari 296.608,211 MT, diekpor ke Negara Bangladesh.

"Klinker yang kami ekspor ke Bangladesh itu merupakan klinker Tipe I ," ujar Rahman.

Baca juga: Semen Padang Lakukan Optimalisasi Fasilitas Pengendalian Debu dan Limbah di Dumai

Baca juga: Kepala Humas Semen Padang Jadi Narasumber Studi Ekskursi Politeknik Medan, Secara Virtual

Bagi PT Semen Padang, atau SIG, lanjut Rahman, ekspor semen dan klinker ini adalah bagian dari upaya perusahaan dalam menjaga utilisasi pabrik yang berpegaruh terhadap penurunan biaya produksi.

Hingga, imbuh Rahman pada akhirnya akan menopang keuntungan perusahaan.

“Jadi dengan adanya ekspor ini, kita mengurangi kemungkinan pabrik stop produksi. Kemudian dari sisi keuangan, ekspor semen dan klinker itu juga dapat menambah devisa negara," bebernya.

Ekspor semen dan klinker ke pelbagai negara oleh PT Semen Padang, sudah berlangsung sejak 2008.

Namun untuk ke Australia, telah dimulai sejak 2016 dan PT Semen Padang adalah perusahaan semen pertama yang berada di bawah naungan SIG yang mengekspor semen ke Australia.(*/Adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved