Breaking News:

Kompolnas RI Ingatkan Penyidik, Surat Edaran Kapolri Jadi Landasan Etika Penegakkan Hukum

Anggota Komisi Kepolisian Nasional RI (Kompolnas) Yusuf Warsyim menegaskan, seluruh jajaran penyidik polri harus menjadikan sura

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Anggota Kompolnas RI Yusuf Warsyim dalam acara HotTopic, Rabu (24/2/2021) 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA - Anggota Komisi Kepolisian Nasional RI (Kompolnas) Yusuf Warsyim menegaskan, seluruh jajaran penyidik polri harus menjadikan surat edaran (SE) Kapolri terkait Undang-Undang ITE sebagai pedoman.

Menurutnya, dalam menjalankan SE tersebut para penyidik harus memiliki landasan etika penegakkan hukum.

"Ini (SE) bukan perintah, tapi pedoman, oleh karena itu saya menegaskan kembali kalau ini harus dijalankan oleh penyidik, tentu dalam menjalankannya berbicara tentang etika penegakan hukum yang berkeadilan, perlakuan yang sama dan tidak diskriminatif," ujarnya saat acara HotTopic Trijaya FM, Rabu (24/2/2021).

Lebih lanjut Yusuf mengatakan maksud dari etika penegakan hukum yang berkeadilan yakni dengan tidak membedakan status antara pelapor dan terlapor.

Baca juga: Surat Telegram Kapolri: Kasus Pencemaran Nama Baik Bisa Diselesaikan, Melalui Restorative Justice

Di mana kata dia, sesuai dengan isi yang terdapat dalam SE tersebut, seluruh lapisan masyarakat memiliki kedudukan yang sama.

"Siapapun termasuk pelapor dan terlapor, harus diperlakukan sama, jangan ada diskriminatif di depan umum," ujarnya.

Yusuf mengungkapkan, hal yang disampaikannya tersebut seraya dengan permintaan Kapolri dalam surat edaran itu.

"Kapolri meminta seluruh jajaran dalam hal ini penyidik polri Reskrim di seluruh satuan-satuan agar berkomitmen di dalam menegakkan hukum yang dapat memberikan rasa keadilan kepada masyarakat," tukasnya.

Baca juga: Soal Perubahan Pola Sistem E-Tilang, Kapolri Usulkan Tak Ada Tatap Muka Saat Pembayaran

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat edaran yang mengatur teknis penerapan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Hal tersebut sebagai wujud tindak lanjut janjinya untuk membenahi UU ITE

Surat Edaran itu nomor: SE/2/11/202 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif. Surat itu ditandatangani pada Senin 22 Februari 2021.

Halaman
123
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved