Breaking News:

Kisah Inspiratif

Kue Mangkuak Syamsibar di Koto Tangah Kota Padang: Jajanan Tradisional Manis Kenyal, Bikin Ketagihan

Kue Mangkuak merupakan satu varian jajanan tradisional Minangkabau yang menjadi incaran bagi warga maupun wisatawan hendak mengunjungi Kota Padang, Pr

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
Kue Mangkuak Syamsibar di Koto Tangah Kota Padang, yang kenikmatan kue jajanan bercita rasa istimewa serta bikin ketagihan 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati.

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kue Mangkuak merupakan satu varian jajanan tradisional Minangkabau yang menjadi incaran bagi warga maupun wisatawan hendak mengunjungi Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Jajanan bewarna putih dengan bagian dalam bewarna coklat, jika diperhatikan sekilas maka tampak seperti telur mata sapi, karena kuning bagian dalamnya.

Dihidangkan dengan menggunakan tempurung kelapa, Kue Mangkuak ini, rasanya manis, kenyal dan bikin ketagihan, lebih nikmat dimakan saat masih hangat.

Untuk mencicipinya, Anda bisa datang ke Jalan Kenangan Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Baca juga: Permindo Night Market Sukses, Pemko Padang Ingin Bangun Pasar Malam Kuliner di Jalan Bundo Kanduang

Pemilik usaha kue Mangkuak Ibuk Syamsibar ini seorang lansia bernama Syamsinar (63), yang sudah puluhan tahun membuat Kue Mangkuak tersebut.

Syamsinar mengaku kue mangkuak miliknya tetap mempertahankan citra rasa Kue Mangkuak tradisional dari kedua orang tuanya. 

Di antaranya, pembuatan kue tanpa pemanis buatan, tanpa pengembang makanan dan menggunakan tempurung kelapa, bukan cetakan dari aluminium.

Baca juga: Berapa Jumlah Tepung yang Ibu Butuhkan untuk 3 Loyang Kue Bolu?

Baca juga: Berapa Bagian Kue yang telah Dimakan Ibu dan Dayu?

"Kalau lain ada yang pakai pemanis, pengembang, jadi orang yang makan cepat bosan, kalau kue ini masih dengan gula, tanpa pengembang, " kata Syamsinar, Jumat (19/2/2021).

Bahan pembuatan kue mangkuak ini tidak begitu banyak, yakni santan kelapa, tepung beras, gula pasir dan gula merah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved