Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

Tahun 2021: Proyek Panggung Seni, Kios Pedagang, Kamar Bilas dan Toilet di Dinas Pariwisata Padang

Dinas Pariwisata Kota Padang berencana akan membangun sejumlah fasilitas umum di lokasi objek wisata di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian saat ditemui di kantornya, Kamis (4/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Dinas Pariwisata Kota Padang berencana akan membangun sejumlah fasilitas umum di lokasi objek wisata di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Dinas Pariwisata Kota Padang mendapat dana alokasi khusus (DAK) dari kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2021 dengan total Rp 8,43 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian, Kamis (4/2/2021).

Dikatakan, dana tersebut akan digunakan untuk 4 paket kegiatan, yaitu 3 di kawasan Pantai Air Manis dan 1 di kawasan Pantai Padang.

"Khusus untuk yang di kawasan Pantai Air Manis adalah pembangunan toilet dan kamar bilas dengan anggaran Rp 1,1 miliar," kata Arfian.

VIRAL Bocah Penjual Goreng Berhati Mulia di Bukittinggi, Berbagi dan Tolak Bayaran Seorang Kakek

18 Daerah di Sumbar Tutup Objek Wisata saat Tahun Baru, Kadis Pariwisata Sumbar: Dirumah Saja

Kemudian, pembangunan kios pedagang di Pantai Air Manis Padang dengan anggaran Rp 3,7 miliar.

"Pembangunan ketiga adalah panggung kesenian dengan anggaran lebih kurang Rp 2,02 miliar," kata Arfian.

Dijelaskannya, untuk pembangunan di Pantai Padang adalah pembangunan lanjutan trotoar yang dimulai dari tempat jual ikan sampai ke simpang Olo Ladang dengan anggaran mencapai kurang lebih Rp 1,151 miliar.

"Alhamdulillah empat paket kegiatan ini sudah dianggarkan berupa dana alokasi khusus (DAU) dari kementerian," ujar Arfian.

Pihaknya akan berkonsultasi ke bagian pengadaan barang. Hal ini dilakukan lantaran anggaran yang dikeluarkan setiap proyek pembangunan mencapai miliaran. 

Greg Fealy Raih Penghargaan, Inginkan Orang Australia Makin Banyak yang Berbahasa Indonesia

"Nanti serentak tender dan pengerjaan. Jadi pada Mei atau Juni sudah bisa dilakukan pengejaran fisik. Terget tahun ini selasai," katanya.

Arfian berharap dengan empat proyek pembangunan fasilitas umum ini dapat meningkatkan pariwisata di Padang, khususnya di Pantai Air Manis.

Dijelaskannya, pedagang yang berada di tanah milik pemerintah akan ditata agar tidak berserakan.

"Untuk panggung kesenian tentu bisa dimanfaatkan untuk aktivitas pariwisata. Toilet dan kamar bilas untuk menjaga kebersihan di kawasan wisata," katanya.

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved