Breaking News:

Berita Padang Hari Ini

Puskesmas Parak Karakah Siap Layani Kesehatan Masyarakat, Hendri: Sangat Diidam-idamkan Warga

Pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas Parak Karakah dalam wilayah Kecamatan Padang Timur, Kota Padang diresmikan Wakil Wali Kota (Wawako), Hendri

ISTIMEWA
Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa melakukan foto bersama seusai meresmikan Puskesmas Parak Karakah di Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (3/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati.

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas Parak Karakah dalam wilayah Kecamatan Padang Timur, Kota Padang diresmikan Wakil Wali Kota (Wawako), Hendri Septa, Rabu (3/2/2021). 

Gedung Puskesmas Parak Karakah terletak di Komplek Pilano Jaya I, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Hendri Septa menyampaikan kehadiran Puskesmas Parak Karakah sebagai upaya melengkapi sarana dan prasarana pendukung kesehatan bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, saat ini telah bertambah satu lagi Puskesmas di Kecamatan Padang Timur. Keberadaan Puskesmas tersebut sangat diidam-idamkan warga selama ini," kata Hendri Septa.

Hendri Septa ingatkan agar Puskesmas Parak Karakah senantiasa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal bagi masyarakat. 

Puskesmas Parak Karakah ini mulai dibangun tahun 2020 dengan anggaran dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Kesehatan, senilai Rp2,4 miliar lebih. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid mengatakan, Puskesmas Parak Karakah ini sebelumnya berupa pustu yang kini telah berubah status menjadi Puskesmas.

Menurutnya, Kecamatan Padang Timur berpenduduk 90 ribu jiwa, dan memiliki permasalahan dikarenakan hanya punya satu Puskesmas yakni Puskesmas Andalas.

5 Tenaga Kesehatan di Puskesmas Andalas Padang Batal Divaksin Gegara Tekanan Darah Tinggi

Tahun 2021, Pemko Padang Tambah Satu Puskesmas di Kecamatan Padang Timur

Ideal Satu Puskesmas

Sementara, idealnya satu Puskesmas itu melayani 30 ribu warga, karena yang dilayani bukan hanya kesehatan perorangan melainkan kesehatan masyarakat.

"Maka dari itu, hadirnya Puskesmas Parak Karakah ini, diharapkan dapat semakin mendekatkan dan memudahkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan. Dengan adanya Puskesmas ini, masyarakat yang berada di tiga kelurahan di kecamatan setempat memiliki fasilitas kesehatan yang berada di dekat dengan akses warga tersebut," imbuhnya.

Feri Mulyani mengungkapkan, saat ini Kota Padang dengan jumlah penduduk lebih dari 900 ribu jiwa memiliki 23 Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan.

"Masih diperlukan tambahan beberapa Puskesmas lagi guna menunjang serta memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di kota ini,” tambahnya (*).

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved