Breaking News:

Pemko Padang Sampaikan 3 Ranperda, Hendri Septa: Penyesuaian Kondisi Ekonomi saat Covid-19

Pemko Padang sampaikan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada DPRD Kota Padang untuk diusulkan menjadi Peraturan Daerah.

Istimewa
Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa saat menyampaikan tiga Ranperda untuk dijadikan Perda, Senin (1/2/2021) di kantor DPRD Padang. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pemko Padang sampaikan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada DPRD Kota Padang untuk diusulkan menjadi Peraturan Daerah.

Di antaranya Ranperda Retribusi Jasa Umum, Ranperda Retribusi, Ranperda Jasa Usaha serta Ranperda Perubahan Atas Perda Kota Padang No.9 Tahun 2012 tentang Tera dan atau Tera Ulang Alat Ukur, Alat Takar, Alat Timbang, dan Perlengkapannya.

Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, usulan Ranperda ini sebagai bentuk komitmen Pemko Padang untuk mencari peningkatan sumber pendapatan daerah ke depan.

Baca juga: Tanggapan Wali Kota Padang tentang 4 Ranperda Inisiatif DPRD: Perlu Diperbaiki dan Dibahas Lagi

Perubahan perda tersebut, kata Hendri Septa, juga disesuaikan untuk memudahkan masyarakat dalam meningkatkan taraf kehidupan ke depan.

"Terutama sekali bagi kita di Pemko Padang adalah, bagaimana Ranperda ini bisa mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang," kata Hendri Septa, Senin (1/2/2021).

Dijelaskannya, selama tahun 2020 kasus positif covid-19 sektor ekonomi mengalani perubahan, sehingga perubahan aturan perlu dilakukan.

Baca juga: DPRD Siapkan Ranperda Masjid Paripurna, Standarisis Pelayanan dan Fasilitas di Masjid

Selain itu, untuk pengelolaan keuangan daerah yang profesional untuk optimalkan sumber pembiayaan pembangunan di Kota Padang.

"Untuk itu, 3 Ranperda yang kita ajukan ke DPRD kali ini adalah sesuatu yang kita inginkan sesuai dengan kondisi terkini sektor ekonomi di Kota Padang," kata Hendri Septa.

Hendri Septa mengharapkan, di awal tahun 2021 ini, DPRD Padang bisa melahirkan Perda-Perda yang terbaik bagi masyarakat Kota Padang.

Baca juga: Pemko Padang Ajukan Ranperda, Tempat Hiburan Malam Hanya Boleh di Dua Kecamatan

Sementara itu, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani mengatakan, anggota dewan akan melakukan evaluasi Perda yang diajukan.

"Kita juga akan panja, aset daerah, karena hari ini aset daerah banyak, namun tidak jelas lokasinya. Ketika akan membangunan harus jelas dulu aset dan kita tuntuskan," ungkapnya. (*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved