Breaking News:

Penanganan Covid

Masa Pandemi, YLKI Terima Banyak Aduan dari Konsumen Jasa Keuangan

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan, usaha penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditunjang oleh teknologi dan dig

TRIBUNNEWS.COM/CHAIRUL UMAM
Ketua Pengurus harian YLKI, Tulus Abadi 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan, usaha penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditunjang oleh teknologi dan digitalisasi tidak berlangsung tanpa masalah dan tantangan.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan aduan yang diterima pihaknya paling banyak dari konsumen di sektor jasa keuangan sebesar 33 persen.

"Aduan yang kami terima di jasa keuangan 33 persen, e-commerce 12,7 persen, dan telekomunikasi 8,3 persen," ujarnya dalam webinar 11th Kompas100 CEO Forum “Digitization; Catching Up with The New Era of Consumer” secara virtual, Kamis (14/1/2021).

Menurut Tulus, perubahan perilaku konsumen selama pandemi Covid-19 meninggalkan berbagai tantangan dan pekerjaan rumah, baik bagi pemerintah maupun para pelaku usaha.

Baca juga: Operasi Militer Israel Teranyar, Sasar Militer Iran di Perbatasan antara Suriah dan Irak

Baca juga: Vaksin Nakes di Puskesmas Andalas Dimulai Senin 18 Januari 2021, Mela Aryati: 10- 15 Orang Sehari

“Berbagai pengaduan tidak hanya tentang kemampuan perusahaan dalam menyediakan pelayanan yang berkualitas. Namun, juga tentang literasi digital dan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia yang masih rendah, sehingga nilai atau manfaat yang disampaikan oleh perusahaan tidak dapat diterima secara baik oleh konsumen” katanya.

Di sisi lain, dia menambahkan, pengembangan infrastruktur digital dan pemberdayaan sumber daya manusia untuk meningkatkan literasi digital dan IKK sangat penting untuk dilakukan agar Indonesia dapat menghadapi masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, KNKT Unggah Video Pengunduhan Data

Baca juga: Kasus Virus Corona Indonesia Kembali Pecah Rekor, Tambah 11.557 Hari Ini, Total 869.600 Orang

Selanjutnya, berbagai perubahan perilaku konsumen atau masyarakat Indonesia telah memberikan tantangan besar terhadap pemerintah dan perusahaan.

Hal ini dinilainya tidak lepas dari adopsi teknologi dan digitalisasi yang memainkan peran penting dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

"Penanggulangan dalam berbagai sendi-sendi kehidupan masyarakat, baik dalam konteks ekonomi maupun sosial," pungkas Tulus.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul; YLKI Ungkap Aduan Konsumen Jasa Keuangan Paling Banyak Saat Pandemi

Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved