Breaking News:

Dapatkah Manusia Hidup Tanpa Mengandalkan Lingkungan Alamnya? Mengapa?

Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa? Pertanyaan tersebut merupakan soal Tema 6 Kelas 5 SD/MI halaman 40

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa? Pertanyaan tersebut merupakan soal Tema 6 Kelas 5 SD/MI halaman 40 

TRIBUNPADANG.COM - Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

Pertanyaan tersebut merupakan soal Tema 6 Kelas 5 SD/MI halaman 40, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Halaman 40 terdapat pada Pembelajaran 4 Subtema 1 tentang Suhu dan Kalor

Berikut Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 halaman 40: 

1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

Jawaban: Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam dan manusia tidak bisa memproduksi sendiri kebutuhannya.

KLIK LINK DI BAWAH UNTUK JAWABAN LENGKAPNYA:

Baca juga: Kunci Jawaban Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 40 41 42 43 45 dan 46 Pembelajaran 4 Subtema 1

Ayo Membaca

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.

Sumber : Merdeka.com/dwi narwoko
Sumber : diolah dari berbagai sumber

(TribunPadang.com)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved