Breaking News:

Pilkada Sumbar 2020

KPU Kota Padang Adakan Layanan Kotak Suara Keliling untuk Pasien Covid-19 yang Isolasi

KPU Kota Padang akan adakan layanan kotak suara keliling dan datangi rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra, Senin (7/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Persiapan Pilkada tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang akan adakan layanan kotak suara keliling dan datangi rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Hal itu dikatakan oleh Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra saat ditemui TribunPadang.com dalam pengecekan pencopotan alat peraga kampanye (AKP) di kawasan Pantai Puruih, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Jadi ada dua bagian masyarakat Kota Padang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Ada yang menjalami isolasi di fasilitas karantina Pemerintah kita layani dengan kotak suara keliling atu kotak sura berjalan," kata Riki, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Tetap Bisa Mencoblos, KPU Padang Berikan Pelayanan Khusus

Dikatakannya, untuk proses kotak suara keliling dilakukan oleh TPS terdekat dari lokasi karantina.

"Kemudian bagi pasien positif Covid-19 yang menjalani karantina mandiri di rumah, itu dilayani dengan mendatangi rumah yang bersangkutan ke rumahnya, dan tetap menggunakan standar protokol yang ketat," katanya.

Disebutkannya, kalau seluruh TPS akan dilengkapi dengan alat perlindungan diri yang cukup dari penyelenggara.

"Standar kita itu adalah baju hazmat dan perlengkapan lainnya. Siapa warga yang berstatus sebagai pasien Covid-19," katanya.

Baca juga: H-2 Pilkada Petugas Bersihkan Alat Peraga Kampanye, KPU Distribusikan Logistik ke TPS di 6 Kecamatan

Dijelaskannya, alat perlindungan diri yang cukup itu digunakan untuk melayani seluruh pemilih yang sudah terdaftar sebagai pemilih.

"Hari ini adalah hari terakhir pemeriksaan penyelenggara, semoga nanti dapat datanya. Besok akan kita umumkan berapa jumlah penyelenggara yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan berapa yang hasil kesehatannya yang berstatus Covid-19," katanya.

Ia menyebutkan, untuk saat ini datanya masih bergerak sehingga akan diumumkan lada besok, Selasa (8/12/2020).

Terkait penyebaran Covid-19, dikatakannya kalau penyelenggara di TPS tidak hanya menjalankan tugas untuk melayani pemilih dalam hak pilihnya.

Baca juga: H-2 Pemungutan Suara Pilgub Sumbar, KPU Padang Distribusikan Logistik ke 6 Kecamatan

Namun, juga menjalankan tugas untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid -19.

"Caranya bagaimana, ya dengan dilengkapi dengan alat perlindungan diri yang cukup dan diberikan pengetahuan penggunaan alat perlindungan diri yang sudah disiapkan," katanya. (*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved