Breaking News:

Anggota DPR Darul Siska di Tanah Datar: Negara Wajib Melindungi Pekerja Migran

Anggota Komisi IX DPR RI Drs H Darul Siska, pada kegiatan sosialisasi Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Editor: Saridal Maijar
Istimewa
Drs. H Darul Siksa sedang menyampaikan sambutan di Tanah Datar. 

TRIBUNPADANG.COM - Pekerja migran Indonesia adalah pahlawan devisa yang telah berkonstribusi bagi negara dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di tanah air yang harus dilindungi keamanan dan keberadaannya oleh negara.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR RI Drs H Darul Siska, pada kegiatan sosialisasi Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia yang dilaksanakan oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) pada 22 November 2020 di Aula Kantor Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Menurut Darul, sampai sekarang lapangan kerja dalam negeri masih sangat terbatas, sehingga belum mampu menyerap angkatan kerja Indonesia, maka salah satu pilihan dalam mengatasi pengangguran dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat adalah memaksimalkan peluang kerja luar negeri.

Namun peluang ini harus disikapi dengan hati-hati oleh pemerintah dan masyarakat pencari kerja. Pemerintah harus mempersiapkan prosedur yang mampu menjamin keberadaan dan keamanan pekerja migran Indonesia.

Baca juga: Anggota DPR RI Darul Siska: Membangun Indonesia Harus Dimulai dari Pembangunan Keluarga

Di lain pihak, masyarakat harus mengikuti prosedur yang ditetapkan agar keberadaannya bisa terlindungi.

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang sebelumnya bernama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) berfungsi sebagai pelaksana kebijakan pemerintah di bidang penempatan dan pelindungan pekerja migran Indonesia.

Keberadaan BP2MI sangat penting karena tidak saja mengurus penempatan dan pelindungan bagi pekerja migran Indonesia yang sedang bekerja di luar negeri. Akan tetapi sangat strategis dalam memberikan pengetahuan dan wawasan terkait peluang dan prosedur bagi calon pekerja migran.

Menurut Anggota Fraksi Partai Golkar ini, DPR terus mendorong agar pemerintah selalu berupaya menciptakan peluang bekerja di luar negeri melalui kerjasama perjajian Government to Government dengan negara tujuan agar tersedia lapangan kerja yang aman dan mampu menyerap angkatan kerja Indonesia.

Baca juga: Di Padang, Anggota DPR RI Darul Siska Ingatkan Masyarakat Agar jadi Konsumen yang Cerdas

Namun perlu diingat bahwa pengiriman tenaga kerja ke luar negeri harus dilaksanakan dengan prinsip kehati-hatian agar peluang yang ada di negeri itu tidak melahirkan persoalan baru seperti human trafficking dan kekerasan terhadap tenaga kerja, harapnya.

Lebih jauh, dalam acara yang dihadiri Camat X Koto, Khairunnas, Anggota DPRD Tanah Datar, Dedi Irwan dan Walinagari se-Kecamatan X Koto, legislator asal Sumatera Barat ini berpesan agar semua pihak termasuk tokoh masyarakat bisa berperan aktif dalam menyosialisasi prosedur yang aman bagi pekerja migran supaya agar pencari kerja tidak menjadi korban kekerasan dan penipuan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved