Breaking News:

Penanganan Covid

Pakar Epidemiolog Sebut 3M Cara yang Efektif Menekan Angka Penularan Covid-19

Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menilai gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) merupakan cara yang efektif dala

TRIBUN JABAR/ZELPHI
Sejumlah anak usia sekolah bermain sepeda melintas gedung serbaguna di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi di Jalan Bapa Ampi, Kota Cimahi memanfaatkan sarana cuci tangan yang tersedia disana, Senin (12/10/2020) 

TRIBUNPADANG.COM- Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menuturkan menggunakan masker, menjaga jarak dan sebagainya merupakan suatu vaksin yang bisa mencegah penularan Covid-19

Gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) merupakan cara yang efektif dalam menekan angka penularan Covid-19.

Bahkan Pandu menyebut gerakan 3M merupakan vaksin yang mujarab serta aman dan tanpa efek samping.

"Kita bisa melihat bahwa menggunakan masker, menjaga jarak dan sebagainya itu juga merupakan suatu vaksin yang sekarang bisa mencegah penularan, lebih aman, dan tidak ada efek sampingnya," ucap Pandu dalam webinar Proyeksi Kasus Covid-19 dan Evaluasi PSBB yang disiarkan channel Youtube KGM Bappenas, Jumat (23/10/2020).Menurut Pandu, gerakan 3M merupakan kunci untuk mencegah penyebaran virus corona. Dibanding menunggu vaksin yang belum pasti kehadirannya.

Pandu menekankan pentingnya perubahan perilaku masyarakat untuk taat dalam menjalankan 3M.

"Ini yang kita harus andalkan sekarang. jangan mengharapkan sesuatu yang belum ada. Jadi kita ketat kan karena ini kan masalah behaviour," ucap Pandu.

"Sejak awal kita harus melakukan komunikasi untuk perubahan perilaku. Kita harusnya sudah sejak awal mengajak masyarakat," tambah Pandu.

Seperti diketahui, saat ini Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M.

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Sehingga pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gerakan 3M Adalah Vaksin yang Lebih Aman dan Tanpa Efek Samping, 

Editor: afrizal
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved