Breaking News:

Sebutkan Tokoh-tokoh yang Ada Dalam Cerita di Atas tentang Pak Welly Kepala Sekolah

Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita di atas! Tentang Pak Welly adalah Kepala Sekolah Dasar Cemara. Kunci jawaban Tema 4 Kelas 4 halaman 51 - 52

Editor: Saridal Maijar
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Sebutkan Tokoh-tokoh yang Ada Dalam Cerita di Atas tentang Pak Welly Kepala Sekolah 

TRIBUNPADANG.COM - Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita di atas! Tentang Pak Welly adalah Kepala Sekolah Dasar Cemara.

Pertanyaan tersebut merupakan soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI halaman 51 sampai 52, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Halaman 51 - 52 tersebut, merupakan materi Pembelajaran 1, Subtema 2 Pekerjaan di Sekitarku, Tema 4 Berbagai Pekerjaan.

Berikut kunci jawaban Tema 4 Kelas 4 halaman 51 - 52:

1. Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita di atas!

Jawaban: Pak Welly, Sudin, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT.

KLIK LINK DI BAWAH UNTUK JAWABAN LENGKAPNYA:

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 51 52 54 55 56 57 58 Buku Tematik Pembelajaran 1 Subtema 2

Bacalah cerita di bawah ini dalam hati!

Pak Welly adalah Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari berbagai daerah. Pak Welly senang melihat murid- muridnya dapat belajar dan bermain bersama tanpa mempersoalkan asal- usul. Semua unik, baik sifat maupun kecerdasannya

Sudin adalah penduduk asli Grobogan. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan pandai berpidato. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat nasional.

Sambil berpikir bagaimana memperoleh dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai peserta lomba. Ia melatih Sudin setiap hari. Semakin dekat ke hari lomba, Pak Welly risau. Andai saja gajinya cukup untuk mendanai Sudin ke kota, pikirnya.

Hingga suatu sore terlintas ide di benaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua pohon sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya ia mengumpulkan guru, penjaga sekolah, serta murid Kelas 4, 5, dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian pada hari Senin pagi, ia mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?

Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas 4, 5, dan 6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundangnya. Sebelum lelang dimulai, ia sampaikan bahwa dana hasil lelang akan digunakan untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat kagum dan terharu menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin.

Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan seluruh warga sekolah.

(TribunPadang.com)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved