Breaking News:

Kisah Inspiratif

Pandemi Covid-19 Malahan Kelompok Jahit Dkartinis di Padang Eksis, Suirah: Dibanjiri Order Masker

Saat pandemi covid-19, berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ikut terdampak situasi dan kondisi tersebut.

ISTIMEWA
Suasana toko kelompok Dkartinis di Bungus Teluk Kabung, kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) baru-baru ini. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Saat pandemi Covid-19, berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ikut terdampak situasi dan kondisi tersebut.

Namun, berbeda halnya dengan kelompok jahit Dkartinis,  yang beralamat di Kelurahan Telul Kabung Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) malahan kebanjiran orderan atau pesanan.

Ketua Kelompok Dkartinis Suirah mengatakan orderan atau pesanan masker datang dari instansi pemerintah maupun pihak swasta serta komunitas-komunitas lainnya.

"Pesanan yang datang tidak hanya dari kota pada juga ada pesanan dari luar daerah Padang," kata Suriah, Jumat (16/10/2020).

Dkartinis ini terdiri dari sembilan ibu rumah tangga yang termasuk binaan CSR PT Pertamina Integrated Terminal Teluk Kabung.

Baca juga: UU Cipta Kerja Memudahkan Pelaku UMKM Mendapatkan Sertifikat Halal, Proses Singkat dan Cepat

Awalnya, para ibu rumah tangga tersebut tidak bisa menjahit sama sekali, mereka hanya ibu rumah tangga dengan pekerjaan suami nelayan atau buruh.

Sejak Tahun 2018, para ibu rumah tangga ini dilatih menjahit dasar hingga mahir oleh fasilitator Human Initiative Sumbar.

"Mesin jahit juga dibantu, mesin jahit biasa, dan mesin jahit obras dan mesin jahit ini itu awalnya dibawa kerumah masing-masing," ujarnya.

Suirah mengatakan, awalnya sewa toko yang dibantu lewat program corporate social responsibility/CSR PT Pertamina Integrated Terminal Teluk Kabun, kini Dkartinis mampu menyewa sendiri.

Halaman
123
Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved