Corona Sumbar

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemprov Sumbar Siapkan Rumah Sakit dan Tempat Karantina

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) telah mempersiapkan rumah sakit dan tempat karantina di daerah itu untuk penang

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.HUMAS PEMPROV SUMBAR
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat melakukan peninjauan ke RSUP M Djamil Padang, Jumat (16/10/2020). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) telah mempersiapkan rumah sakit dan tempat karantina di daerah itu untuk penanganan pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19).

Rumah sakit dan tempat karantina dipersiapkan sebagai antisipasi lonjakan kasus yang terus meningkat sejak beberapa waktu belakangan.

Informasi tersebut disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat melakukan tinjauan ke RSUP M Djamil Padang, Jumat (16/10/2020).

Irwan Prayitno mengatakan penambahan kasus positif Covid-19 di Sumbar masih melonjak tajam.

Hal itu berimbas pada ketersediaan tempat tidur di rumah sakit penanganan Covid-19 yang ada di Sumbar.

"Untuk itu, harus ada rumah sakit lain yang disiapkan untuk menangani Covid-19 dengan penambahan ruangan dan tempat tidur," kata Irwan Prayitno.

Baca juga: Mencintai Produk dalam Negeri Adalah Merupakan Sikap Cinta Tanah Air, Apakah Kamu Setuju?

Menurut Irwan Prayitno, upaya untuk mengendalikan Covid-19 di Sumbar masih berpegang pada testing, tracing, isolasi, dan treatment yakni tempat karantina dan rumah sakit.

Saat ini, kata dia, di RSUP M Djamil Padang sudah ada 68 tempat tidur, 31 ruang ICU dan 37 ruang HCU.

"Semuanya kita persiapkan untuk menampung pasien Covid-19 yang berat. Pemprov Sumbar memberi apresiasi kepada RSUP M Jamil yang tanggap dan cepat menambah tempat tidur," ujar Irwan Prayitno.

Meski demikian RSUP M Djamil Padang tetap dikhususkan untuk menangani kasus berat Covid-19, karena fasilitas medis yang lengkap dan bisa menangani dengan baik.

Kemudian untuk RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi dan pemanfaatan ruang Cindua Mato sebagai ruang isolasi juga sudah dipersiapkan juga bagi pasien kategori sedang dan berat.

"Supaya nanti apa yang kita kwatirkan tidak terjadi dan bisa kita tampung dengan target mengurangi kematian dan meningkatkan kesembuhan," sebut Irwan Prayitno.

Tak hanya itu, Irwan Prayitno mengaku juga sudah menginstruksikan masing-masing kepala daerah di Sumbar untuk mempersiapkan rumah sakit di daerahnya untuk penanganan Covid-19 ini.

Bahkan terkait untuk penyiapan rumah sakit itu juga sudah ada suratnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved