Breaking News:

Penanganan Covid

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman: Setelah Ada Vaksin Gerakan 3M Harus Terus Dijalankan

Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio menekankan pentingnya gerakan 3M (memakai masker, Menjaga jarak menghindari kerumunan,

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi: Pengguna jalan melintasi baliho dengan foto Presiden RI Joko Widodo mengajak warga Bandung untuk mengenakan masker, yang terpasang di Jalan Cibaduyut Raya, Kota Bandung, Minggu (11/10/2020) 

TRIBUNPADANG.COM - Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio menekankan pentingnya gerakan 3M (memakai masker, Menjaga jarak menghindari kerumunan, dan Mencuci tangan pakai sabun).

Menurut Amin, gerakan 3M harus terus dijalankan ketika nanti vaksin Covid-19 telah ditemukan.

"Sampai saat ini kita sambil menunggu vaksin, tetap harus 3M. Setelah ada vaksin kita tetap harus 3M," ucap Amin dalam webinar "Vaksin Merah Putih: Tantangan dan Harapan", Rabu (14/10/2020).

Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M.

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Sehingga pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Menurut Amin, penerapan protokol kesehatan harus terus dilanjutkan meski vaksin ditemukan. Hal ini dikarenakan vaksin tidak serta merta membuat virus corona hilang.

Baca juga: Cek! Rincian Wilayah 12 Kabupaten/Kota yang Jadi Prioritas Penanganan Covid-19

Baca juga: Hasil Riset: Terapkan 3M dan 3T Terbukti Jitu Memutus Penyebaran Covid-19

Amin menyontohkan virus cacar yang membutuhkan waktu hingga 200 tahun, sampai akhirnya ditemukan vaksin.

"Mudah-mudahan kita tidak perlu menunggu 200 tahun untuk mengeleminasi Covid-19 ini. Intinya vaksin tidak menggantikan 3M untuk waktu yang kita belum tahu. Sementara harus tetap menggunakan 3M ini," kata Amin.

Sebagaimana diketahui, pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Catatan redaksi: Bersama-kita lawan virus Corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul LBM Eijkman: Setelah Ada Vaksin Gerakan 3M Harus Terus Dijalankan

Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved